Peringatan Hari HAM Sedunia, Siak kembali Meraih Penghargaan Kriteria KPHAM

Hermansyah
210 view
Peringatan Hari HAM Sedunia, Siak kembali Meraih Penghargaan Kriteria KPHAM
Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution serah penghargaan Kabupaten Peduli HAM kepada Kabupaten Siak yang diterima langsung oleh Bupati Siak Drs H Alfedri MSi.

PEKANBARU, datariau.com - Bupati Siak Drs H Alfedri MSi kembali menerima penghargaan kriteria Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (KPHAM) pada peringatan Hari Hak Azazi Manusia (HAM) sedunia ke-72 tahun 2020.

Penghargaan kriteria Kabupaten Peduli Hak Azazi Manusia (KPHAM) itu, diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution pada Senin (14/12/2020) pagi, bertempat di Balai Serindit aula Gubernur Riau, di Jalan Diponegoro, Pekanbaru.

Dimana penghargaan yang di raih oleh Pemerintahan Kabupaten Siak pada tahun ini, merupakan penghargaan untuk yang ke-6 kalinya dengan predikat yang sama sebagai Kabupaten Peduli HAM tahun 2020.

"Alhandulillah, hari ini kita hadir pada acara peringatan Hari Hak Asasi Manusia sedunia ke-72 tahun 2020 tingkat Provinsi Riau. Dan pada kesempatan ini pula kita kembali menerima penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Azazi Manusia," kata Alfedri.

"Penghargaan inipun diserahkan secara langsung oleh Wakil Gubernur Riau, dimana penghargaan ini penilaiannya dilakukan pada tahun 2019 lalu," jelasnya.

Dijelaskan Alfedri, untuk kriteria penerima penghargaan tersebut, berdasarkan Permenkumham Nomor 34 Tahun 2016 tentang Kriteria Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia.

"Sebanyak tujuh hak, dan 83 indikator yang harus dipenuhi. Dimana tujuh hak itu terdiri dari

Hak atas kesehatan, Hak atas pendidikan, Hak atas perempuan dan anak, Hak atas Kependudukan, Hak atas pekerjaan, Hak atas perumahan yang layak serta Hak atas lingkungan berkelanjutan," ujarnya.

Dikatakan Bupati Siak itu, tujuan dari pemberian penghargaan kabupaten/kota Peduli HAM ini, dalam rangka meningkatkan kwalitas pelayanan publik pada unit layanan birokrasi yang menyelengarakan pelayanan kepada masyarakat.

"Penghargaan yang kita raih dari kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau yang kemudian diserahkan oleh Bapak Wagubri itu tadi tujuannya, memotifasi, dan mendorong pemenuhan hak dasar masyarakat oleh pemda kabupaten/kota dalam pemberian pelayanan berbasis HAM kepada masyarakat," tandasnya.

Pada giat acara yang berlangsung saat itu, bersama Wakil Gubernur Riau juga turut menyerahkan penghargaan kepada 4 kabupaten/kota yang ada di Riau saat ini.

Dimana 4 kabupaten/kota tersebut, diantaranya Kabupaten Indragiri Hulu, Kota Pekanbaru, Kabupaten Indragiri Hilir dan Rokan Hilir sekaligus penyerahan penghargaan bagi 13 UPT terbaik, seperti Lapas, kantor Imigrasi se-Riau.(*)

Sumber
: Datariau.com
Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com