Pemkab Kampar Bina 5 Desa Program Terpadu P2WKSS

Sindy Aprilia Dwiyanti
157 view
Pemkab Kampar Bina 5 Desa Program Terpadu P2WKSS

KAMPAR, datariau.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar melalui Tim Penggerak PKK Kabupaten Kampar membina 5 desa di Kabupaten Kampar pada Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS).

Program terpaduP2WKSS inimerupakan upaya pemerintah bersama dengan masyarakat untuk menanggulangi kemiskinan melalui keterlibatan peran perempuan terhadap peningkatan kesejahteraan keluarga. Untuk tahun ini pembinaan dilakukan di 5 Desa di lima Kecamatan yakni Desa Balung Kecamatan XIII Koto Kampar, Desa Ranah Sungkuang Kecamatan Kampar, Desa Indrapuri Kecamatan Tapung, Desa Teluk Kenidai Kecamatan Tambang dan Desa Sialang Kubang Kecamatan Perhentian Raja.

Demikian dikatakan Ketua TP PKK Kabupaten Kampar Hj Muslimawati Catur melalui Wakil Ketua I TP PKK Kampar saat melakukan penilaian sekaligus pembinaan di Desa Indrapuri Kecamatan Tapung, Kamis (21/10). Hadir pada kesempatan tersebut Camat Tapung Amri Yudo, Ketua TP PKK Kecamatan Tapung Meldawita Amri Yudo, Ketua TP PKK Desa Indrapuri dan Pengurus PKK Desa Indrapuri serta OPD yang terkait dengan program P2WKSS.

“Program ini untuk kita semua, mari kita bersama-sama untuk menyukseskan karena ini untuk kehidupan, kesejahteraan dan peningkatan ekonomi masyarakat khususnya kaum perempuan," kata Juli Mastuti.

“Dan saya minta kita dapat mengembangkan semua potensi desa melalui jalinan komunikasi dengan pemerintah Desa, Kecamatan maupun dengan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Kampar," pintanya.

Sementara itu Sekretaris Desa (Sekdes) Indrapuri, Misran dalam sambutan menyampaikan, “Air bersih dengan program pamsimas ini sangat penting untuk sektor kesehatan, begitu juga cuci tangan di tempat umum, posyandu, pangan dengan pengembangan lele, begitu juga dengan pendidikan," ujar Misran yang merupakan ketua pelaksana P2WKSS Desa Indrapuri yang membina sebanyak 50 KK.

Tim penilai dari PKK Kampar Dwi Astuti menyampaikan bahwa indikator terhadap penilaian P2WKSS tingkat Kabupaten Kampar tahun 2021 dilaksanakan oleh kelompok Kerja II TP PKK Kabupaten Kampar dalam pembinaan, koordinasi maupun sosialisasi kepada masyarakat.

“Indikator adanya input seperti komitmen dari pemerintah Mulai dari Camat, Kepala Desa, maupun masyarakat banyak. Kesinambungan program P2WKSS teranggarkannya di APBD Provinsi, Kabupaten maupun Desa yang di lengkapi dengan pembukuan sebagai pencatatan laporan administrasi," ujar Dwi.

Pada kesempatan tersebut tim melakukan peninjauan dan penilaian di kediaman masyarakat maupun terlaksananya peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya keterlibatan perempuan dalam peningkatan kesejahteraan keluarga.
Penulis
: Mirdas Aditya
Kirim berita, hak jawab, laporan: 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)