Oknum Kaur dan RT/RW Ikut Kampanye, Diduga Panitia Pilkampung Serta Pjs Penghulu Berat Sebelah

Hermansyah
580 view
Oknum Kaur dan RT/RW Ikut Kampanye, Diduga Panitia Pilkampung Serta Pjs Penghulu Berat Sebelah

SIAK, datariau.com - Beberapa informasi dari masyarakat Kampung Maredan Barat, ditemukannya perangkat kampung, yakni oknum RT/RW dan Kaur diduga ikut meramaikan pesta politik Pilkampung. Hal ini diutarakan Tim Pemenangan Bowo Suprapto, Bambang saat dikonfirmasi, Jumat (5/11/2021).

"Kita sudah banyak menemukan para oknum RT dan RW atau Kepala Dusun bahkan oknum Kaur Desa yang ikutan menjadi tim pemenangan salah satu calon penghulu. Kita minta ketegasan Ketua Pilkampung dan Pelaksana Tugas Penghulu Maredan Barat untuk ambil tindakan. Jika dibutuhkan harus diberhentikan. Ini ranah pelanggaran," kata Bambang.

Bambang menambahkan, bahwa dibeberapa lokasi ditemukan oknum tersebut sedang bersama salah satu calon penghulu, saat sosialisasi. Bahkan, para oknum tersebut juga mensosialisasikan melalui media sosial.

"Kami ragukan independensi panitia Pilkampung dan Pelaksana Tugas Penghulu saat ini. Kami siap turun ke kantor desa untuk melaporkan hal ini. Saat ini kami kumpulkan bukti, guna dilaporkan langsung ke Kadis Pemdes, selanjutnya ke pihak berwenang yakni Bupati Siak, agar bisa ditindaklanjuti. Jelas peraturan pemerintah, bahwa perangkat kampung tidak bisa ikut mendukung salah satu calon penghulu. Ini ranahnya bisa pidana," pungkasnya.


Dihubungi Pjs Penghulu Maredan Barat Mardi Umar menyebutkan, terkait keterlibatan oknum RT/RW dan Kaur Maredan Barat yang mengikuti kampanye salah satu calon penghulu tentunya itu tetap akan ditindaki sesuai aturan.

Dia mengatakan, dalam hal ini, laporan tersebut harus dilengkapi dengan bukti pelanggaran terhadap oknum RT/RW maupun Kaur Maredan Barat.

"Sebelumnya kita juga sudah sampaikan agar tidak terlibat kampanye salah satu pasangan calon. Dan dalam aturannya RT/RW itu merupakan lembaga, sementara Kaur maupun BPD perangkat desa, ada aturannya sesuai Perbup," jelas Mardi Umar.

Sementara Ketua Panitia Pilkampung Maredan Barat Narto dihubungi melalui sambungan seluler dan pesan singkat WhatsApp beberapa kali enggan mengangakat dan membalas perihal tersebut.

Hingga berita ini tayang di halaman datariau.com, Ahad (7/11/2021), media ini belum mendapatkan keterangan resmi dari Panitia Pilkampung Maredan Barat terkait ke ikut sertaan oknum RT/RW dan Kaur Desa tersebut.(SM/Man)

JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)