Masuki Musim Penghujan, Daerah di Riau Waspada Bencana Banjir dan Tanah Longsor

Sindy Aprilia Dwiyanti
213 view
Masuki Musim Penghujan, Daerah di Riau  Waspada Bencana Banjir dan Tanah Longsor
Foto : suarariau

DATARIAU.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau meminta Pemerintah Kabupaten/Kota untuk melakukan langkah kesiapsiagaan dalam menghadapi terjadinya banjir dan tanah longsor. Mengingat saat ini Riau sudah memasuki musim penghujan.

Dilansir dari Cakaplah.com, Kepala BPBD Riau, M Edy Afrizal meminta BPBD Kabupaten dan Kota untuk meningkatkan upaya pencegahan banjir dan longsor.

"Kita sudah meminta BPBD Kabupaten dan Kota untuk melakukan upaya pencegahan dalam meminimalisasi dampak ancaman bencana banjir dan longsor yang mungkin timbul pada masing-masing wilayahnya," ujarnya, Jum'at (1/10/2021).

Lebih lanjut Edy Afrizal menambahkan, bahwa berdasarkan perkiraan, di Provinsi Riau terdapat beberapa Kabupaten yang rawan banjir dan longsor.

"Untuk daerah rawan banjir di Riau ada 7 daerah, yaitu Kabupaten Bengkalis, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Kampar, Pelalawan, Rokan Hulu dan Rokan Hilir," jelasnya.

"Sedangkan daerah rawan longsor berdasarkan perkiraan ada di Kabupaten Kuantan Singingi, Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir," sambungnya.

Karena itu, pihaknya juga sudah koordinasi dengan BPBD Kabupaten dan Kota untuk segera melaporkan jika terjadi bencana banjir dan longsor di wilayahnya.

"Jika seandainya terjadi bencana, kalau ada permintaan bantuan personel dan peralatan kita siap turunkan ke lokasi. Namun kalau bisa jangan sampai terjadi. Tapi namanya bencana siapa yang tahu," ujarnya.

Edy juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada terhadap ancaman banjir. Terutama yang berdomisili di sekitaran aliran sungai.

"Kita juga mengimbau kepada masyarakat khsusunya yang tinggal di bantara sungai untuk tetap waspada jika sewaktu-waktu air sungai meluap," tutupnya.

Penulis
: Maizatul Akmam