Bupati Siak Hadiri Pertemuan Dengan Presiden Jokowi dan Kepala Daerah se-Provinsi Riau

Hermansyah
481 view
Bupati Siak Hadiri Pertemuan Dengan Presiden Jokowi dan Kepala Daerah se-Provinsi Riau
Bupati Siak Drs H Alfedri MSi hadiri pertemuan kunjungan kerja Presiden RI Ir H Joko Widodo di Pekanbaru kemaren.

PEKANBARU, datariau.com - Presiden RI Ir H Joko Widodo mengadakan pertemuan dengan Gubernur Riau, Bupati dan Walikota se-Provinsi Riau, dimana pertemuan itu berlangsung di Balai Serindit Gedung Daerah Pekanbaru pada Rabu (19/5/2021) kemarin.

Rapat terbatas ini merupakan rangkaian kunjungan kerja Presiden RI Jokowi ke Provinsi Riau Pekanbaru. Bupati Siak Drs H Alfedri MSi yang turut hadir dalam pertemuan tersebut mengatakan ada sejumlah arahan yang disampaikan oleh Presiden Jokowi kepada Gubernur, Bupati dan Walikota se-Riau pada pertemuan itu.

Pertama, kata Alfedri, tentang penanganan kasus penyebaran covid-19, sekaligus pertumbuhan ekonomi di daerah.

"Presiden minta kepada seluruh kepala daerah yang memiliki tingkat penyebaran kasus positif tinggi di daerahnya. Agar segera menekan kasus yang ada," kata Bupati Siak itu.

"Presiden juga memerintahkan Menteri Kesehatan untuk mengirimkan vaksin yang banyak ke Provinsi Riau dan utamanya nanti dipakai untuk vaksinasi di kota Pekanbaru dan di Dumai," ujar Alfedri.

Kunjungan Kerja Presiden sekaligus melihat Provinsi Riau dan Kepulauan Riau (Kepri) masuk dalam tiga provinsi yang memiliki tingkat keterisian tempat tidur (bed occupancy rate/BOR) rumah sakit (RS) di atas 50 persen.

Kemudian dengan vaksinasi secara massal ini dapat segera mencapai perkembangan komunal. "Ketiga provinsi ini adalah Sumatera Utara (Sumut) yang tingkat keterisian tempat tidur (bed occupancy rate/BOR) mencapai 56 persen, Kepri mencapai 53 persen dan Riau mencapai 52 persen. Termasuk RS kita yang keterisian tempat tidurnya, boleh di bilang 99 persen penuh," jelasnya.

Sedangkan indikator pengendalian pandemi covid-19, penyebaran varian baru covid-19 dan terakhir pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Presiden berulang kali mengingatkan kami. Sekali lagi hati-hati kepada semua kepala daerah agar terus waspada terhadap peningkatan kasus covid-19, saya meminta kepada seluruh kepala daerah untuk memperhatikan pertumbuhan ekonomi baik itu tingkat provinsi maupun di kabupaten/kota," harapnya.

Alfedri menyampaikan, usai lebaran Idul Fitri kemarin terjadi penurunan kasus penyebaran covid-19 di Siak. Saat ini Dinas kesehatan tengah melakukan vaksinasi massal yang dilaksanakan di setiap kecamatan.

"Alhamdulillah, kasus covid-19 usai lebaran mengalami penurunan, sehingga kita semula zona orange manjadi kuning, dan harapan kita dapat menjadi hijau. Dan kita terus berupaya menghimbau masyarakat dengan tetap meningkatkan prokes," tukas dia.

"Jika terjadi di kasus positif, kita penerapan praktik 3 T (Tracing, Testing, Treatment). Saat ini kita juga tengah melakukan vaksinasi secara massal di setiap kecamatan," pungkasnya.

Kunjungan Kerja Presiden RI Joko Widodo ke Provinsi Riau didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto, dan Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Selain itu melakukan peninjauan dibeberapa titik diantaranya, peninjauan pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang (Kampar) sepanjang 40 km, juga pemantauan pelaksanaan vaksinasi gotong royong yang di pusatkan di Gelanggang Remaja Jalan Sudirman Pekanbaru.(adv)

JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)