Bupati HM Adil SH Kukuhkan Paskibraka Kepulauan Meranti

Hermansyah
65 view
Bupati HM Adil SH Kukuhkan Paskibraka Kepulauan Meranti
Bupati Kepulauan Meranti H Muhammad Adil SH kukuhkan paskibraka HUT RI ke-76 tahun 2021 Kepulauan Meranti.

MERANTI, datariau.com - Bupati Meranti H Muhammad Adil SH didampingi Wakil Bupati Meranti Asmar mengukuhkan Paskibraka tahun 2021 berlangsung di Ballroom Afifa Futsal Lantai II Jalan Banglas, Senin (16/8/2021).

Giat pengukuhan Paskibraka tahun 2021, turut dihadiri oleh Ketua DPRD Ardiansyah, Sekda Meranti H Kamsol, Kapolres Meranti AKBP Andi Yul Lapawesean TG SIK, Danposal Jery Hendra, Kejaksaan Meranti Waluyo SH MH, Koramil 02 Mayor Inf Suratno, Kanim Imigrasi, Ketua MUI H Mustafa, Kepala Kemenag, Kepala Lapas Khairul Bahri Siregar dan Para Pejabat Pemkab Meranti.

Diawali dengan menyanyikan lagu 'Indonesia Raya' Bupati Meranti turut mengheningkan cipta serta membacakan Ikrar Putra Indonesia, kemudian dilanjutkan dengan pemasangan kendit (sabuk merah) kepada 28 Paskibraka yang akan dikukuhkan.

Bupati Meranti H Muhammad Adil SH mengatakan, atas nama pribadi, masyarakat dan Pemkab Kepulauan Meranti, kami mengucapkan selamat atas terpilihnya anak-anakku sekalian sebagai pasukan pengibar bendera merah putih tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti tahun 2021.

Dikatakan HM Adil, kalian merupakan putra-putri terbaik Kepulauan Meranti yang telah dinyatakan lulus seleksi dengan berbagai proses dan tahapan yang harus dilalui. Hal ini merupakan kehormatan dan kebanggaan bagi kalian dan bagi orangtua kalian.

Dengan terpilihnya kalian sebagai anggota Paskibraka tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti pada HUT Republik Indonesia yang ke-76 ini, menunjukkan bahwa kalian dinilai memilki kemampuan dan persyaratan sebagai anggota paskibraka berupa ketahanan fisik yang prima, postur tubuh yang sesuai, mental dan moralitas yang baik, serta disiplin yang tinggi.

Lanjut dia, sebelum menjadi anggota paskibraka, kalian telah dikukuhkan menjalani serangkaian pendidikan dan latihan yang bertujuan maupun kesiapan mental demi suksesnya pelaksanaan sebuah misi dan tugas penting, yaitu pengibaran dan penurunan bendera merah putih pada peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Kepulauan Meranti pada tahun 2021 ini.

Dan untuk memantapkan ketahanan fisik disamping menjalani penempaan secara fisik, kalian juga mengalami penempaan secara mental yang tentunya berguna dalam membangun sikap mental yang diperlukan pada pelaksanaan pengibaran bendera merah putih.

Tentunya dengan pendidikan dan latihan yang telah kalian ikuti InsyaAllah akan berguna bagi diri kalian dimasa yang akan datang.

"Untuk itu, pada kesempatan ini saya berpesan kepada kalian semua, agar hasil pendidikan dan latihan yang telah dilaksanakan selama ini, dapat menjiwai sikap dan perilaku keseharian sehingga kalian menjadi contoh dan tauladan bagi pelajar dan generasi muda lainnya," ucap HM Adil SH.

Pada rangkaian acara pengukuhan paskibraka, dikatakannya lagi, sebagaimana ikrar yang telah di ucapkan serta prosesi cium bendera merah putih yang telah dilakukan, satu hal yang perlu senantiasa yang ditanamkan, bahwa misi paskibraka tidak boleh berhenti pada momentum Peringatan Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia ini saja.

Namun jiwa nasionalisme dan patriotisme, kepeloporan serta kepemimpinan yang terbentuk, harus mampu dijiwai dan terus dimplementasikan dalam perilaku kehidupan sehari-hari, sehingga mampu memberi energi positif kepada masyarakat. Baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

"Dari pada itu, meskipun upacara HUT RI tahun ini dilakukan sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan mengingat kita sedang bejibaku menghadapi pandemi covid-19, namun semangat, disiplin, khidmat dan penjiwaan dalam mengibarkan bendera negara harus tetap tinggi," jelas Bupati Meranti.

"Situasi ini jangan membuat kita lemah, justru di saat sulit ini kita harus kuat dan kita harus bangga bahwa kita mampu menunjukkan yang terbaik meski di situasi sulit dan terbatas. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada para seluruh orangtua, wali anggota paskibraka karena telah mendoakan, memberikan dorongan dan motivasi kepada anak-anaknya sehingga mampu bertahan dalam setiap proses penyeleksian dan latihan yang sangat berat dalam mengemban tugas sebagai anggota paskibraka pada puncak peringatan HUT RI ke-76," ungkapnya.

Disampaikan Bupati Meranti, kepada para pembina, pembimbing, pelatih dan panitia, kami ucapkan terima kasih atas segala usaha serta kesungguhan dalam membimbing selama proses pelatihan dan pendidikan putra-putri terbaik di kabupaten yang kita cintai ini.

"Sekali lagi kami ucapkan selamat kepada anak-anakku sekalian, embanlah amanah dan kepercayaan yang telah diberikan oleh keluarga, masyarakat dan pemerintah kepada kalian dengan penuh rasa tanggungjawab," ujarnya.

HM Adil SH menyebutkan, keberhasilan dan kesuksesan kalian dalam mengibarkan dan menurunkan sang merah putih merupakan tugas yang tidak mudah, namun kami optimis anak-anakku sekalian dapat menunaikan tugas tersebut dengan baik dan sukses.

"Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan, kesehatan dan kesuksesan dalam upaya kita menunaikan bakti cinta terhadap bangsa dan negara. 'Pergi ke kuala memancing ikan, Dapatlah seekor hiu putih, Kepada seluruh paskibraka kami do'akan, Semoga sukses kibarkan sang merah putih," ucap Bupati Meranti menutup sambutannya dengan sebuah pantun.

Acara selanjutnya di akhiri dengan pengenalan atau mengenal satu persatu para anggota paskibraka yang berjumlah 28 orang dan sekaligus menyerahkan cindera mata.(*)

Penulis
: Syahputra
Editor
: Redaksi
Sumber
: Datariau.com