Bertolak ke Riau, Jokowi Lakukan Agenda Penanaman Pohon Mangrove di Beberapa Lokasi

Sindy Aprilia Dwiyanti
338 view
Bertolak ke Riau, Jokowi Lakukan Agenda Penanaman Pohon Mangrove di Beberapa Lokasi
Gambar : cnnindonesia.com
Kunjungan Presiden Jokowi ke Riau

DATARIAU.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak menuju Provinsi Riau guna melakukan kunjungan kerja, Selasa (28/9/2021). Jokowi bersama rombongan akan melakukan agenda berupa penanaman pohon mangrove bersama masyarakat setempat.

Berdasarkan dari siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta pada pukul 07.30 WIB menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia.

Setibanya di Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin Kota Pekanbaru, Jokowi diagendakan akan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Bengkalis menggunakan helikopter Super Puma TNI AU.

Sesampainya di Kabupaten Bengkalis, Jokowi dijadwalkan melakukan penanaman pohon mangrove bersama masyarakat dan selanjutnya akan melakukan peninjauan di titik yang terdampak abrasi Pantai Wisata Raja Kecik.

Dari Kabupaten Bengkalis, Jokowi akan kembali menuju Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin menggunakan helikopter. Dari Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin Jokowi beserta rombongan akan lepas landas menuju Kepulauan Riau (Kepri).

Setibanya di Bandara Internasional Hang Nadim Kota Batam, Jokowi direncanakan menuju Kelurahan Setokok, Kecamatan Bulang untuk kembali menanam pohon mangrove bersama masyarakat setempat.

Pada petang harinya, Jokowi dan rombongannya akan kembali ke Bandara Internasional Hang Nadim, Kota Batam untuk lepas landas menuju Jakarta.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan rehabilitasi mangrove harus dilakukan untuk mengantisipasi perubahan iklim dunia. Selain itu, rehabilitasi ini juga dilakukan untuk melestarikan kawasan hutan mangrove.

Hal ini disampaikan Jokowi saat melakukan penanaman mangrove di Desa Tritih Kulon Kecamatan Cilacap Utara Jawa Tengah, Kamis (23/9/2021). Didampingi oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hingga Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya.

"Memang rehabilitasi mangrove harus kita lakukan untuk memulihkan, untuk melestarikan kawasan hutan mangrove ini, dan juga untuk mengantisipasi perubahan iklim yang sedang terjadi sekarang ini di dunia, untuk memitigasi yang ada," jelas Jokowi sebagaimana ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis.

Jokowi berharap penanaman mangrove dapat mengurangi energi gelombang, melindungi pantai dari abrasi, menghambat intrusi air, memperbaiki lingkungan pesisir dan habitat di daerah pantai. Sehingga, mampu meningkatkan produksi ikan dan hasil laut lainnya. Jokowi juga menekankan bahwa pemerintah akan terus melakukan rehabilitasi mangrove di seluruh wilayah Indonesia dengan target rehabilitasi sebanyak 34.000 hektar lahan pada tahun 2021.

Penulis
: Maizatul Akmam