Aktifitas Bongkar Besi Tua di Surya Dumai Perawang, Berdampak Terhadap Jalan Kampung

Hermansyah
85 view
Aktifitas Bongkar Besi Tua di Surya Dumai Perawang, Berdampak Terhadap Jalan Kampung
Petugas keamanan PT. Surya Dumai Industri (SDI) Tualang.

SIAK, datariau.com - Aktifitas pembongkaran bekas perusahaan atau pabrik triplek milik PT. Surya Dumai Industri (SDI) Kulim maupun yang berada di Jalan Hang Nadim (Jalan Baru), Kampung Tualang, Kecamatan Tualang tidak lagi memperhatikan dampak yang terjadi kedepan pada jalan yang dilalui kendaraan berat.

Aktifitas pembongkaran bekas perusahaan tersebut, saat ini dikerjakan oleh PT. Mitra Karya Pekanbaru, Riau.

"Saya pelaksana disini, jika saya yang ambil handle semua pekerjaan pening juga saya coba abang hubungi penanggungjawab yaitu Hermanto," kata Clinton.

Terkait aktifitas tersebut, sebelumnya PT. Mitra Kerja sudah melakukan pengangkutan atau lansir besi tua (scrap) dari lokasi menuju tempat pembongkaran menggunakan truk tronton berkapasitas muatan (tonase) berat yang berdampak kedepan terjadinya kerusakaan jalan di wilayah tersebut.

"Saya tak tau bahwa ada perusahaan yang melakukan bongkar muat di Surya Dumai saat ini. Kita bukannya keberatan dengan hal itu. Tentunya akibat muatan barang (scrap) tersebut dengan truk melintasi jalan desa yang jelas-jelas berdampak akan terjadinya kerusakan. Karena jalan itu bukan golongan jalan yang dilalui truk saat ini," sebut salah seorang warga setempat yang enggan disebutkan namanya, Kamis (13/1/2022).

Sementara itu, pengawas pekerja pembongkaran material PT. Surya Dumai Industri (SDI) Kulim Kampung Tualang, Kecamatan Tualang Supri saat dikonfirmasi dilokasi membenarkan sudah dua unit tronton yang melintas melalui jalan kampung tersebut

"Ya memang ada dua unit lewat bang. Hari ini akan ada satu unit truk tronton lagi yang mau masuk bang," ujarnya.

Dihubungi melalui sambungan kontak seluler, Kamis (13/1/2022) malam, Penghulu Kampung Tualang Juprianto menyampaikan, terkait jika ada kerusakan jalan tersebut, maka pihak perusahaan akan melakukan perbaikan.

"Itu perbaikan sudah dilakukan sebelum pengerjaan, jika jalan tersebut rusak pihak perusahaan akan memperbaikinya. Terkait hal itu memang tidak ada kesepakan secara tertulis hanya penyampaian saja, bisa juga ditanyakan hal itu langsung dengan pihak perusahaan yakni Heru," jelas Penghulu Tualang tersebut.

"Kemarin sudah dibicarakan kalau jalan rusak akan ada perbaikan oleh pihak Surya Dumai," pungkasnya.(man)