Udara Bebas di Siak Status Bahaya

Hermansyah
1.470 view
Udara Bebas di Siak Status Bahaya
Foto ilustrasi (istimewa) balita pasien kabut asap.

SIAK, datariau.com - Bencana kabut asap yang melanda sebagian daerah di Riau, khususnya udara di Kabupaten Siak saat ini berstatus bahaya. Belakangan kabut asap terlihat semakin pekat dan makin sesak menyelimuti udara (oksigen) bebas.

Status bahaya udara bebas yang didapat dari data ISPU yang di kirim oleh PT Chevron Pacific Indonesia, Kamis (12/9/2019) siang ini. 

"Hanya mereka (Chevron) alatnya masih di operasikan dengan baik, alat ISPU tersebut terpasang di areal kerja mereka yang berada di Kabupaten Siak saat ini, seperti di Libo Kecamatan Kandis dan wilayah kerja lapangan di Minas," kata Ardayani kepada awak media ini, Kamis (12/9/2019) siang.

Saat dihubungi melalui sambungan kontak seluler Kepala Bidang Pengawasan Lingkungan Hidup Kabupaten Siak itu mengatakan, bila dilihat dari data ISPU milik PT Chevron saat ini kondisi udara di Kabupaten Siak tidak dalam keadaan sehat (berbahaya).

"Kurangi aktivitas di luar ruangan (rumah), kabut asap tebal mulai menyimuti udara hingga kedalam rumah, kalau pun terpaksa harus keluar rumah gunakan masker dan tak lupa perbanyak konsumsi air putih," tandas dia.

Hingga berita ini tayang dilaman datariau.com, Kamis (12/9/2019) sekira pukul 13.50 WIB. Awak media ini belum mendapatkan data dari pihak dinas terkait maupun Kepala Puskesmas di Kecamatan Tualang berapa jumlah pasien yang terindikasi ISPA hingga hari ini.

Penulis
: Hermansyah
Editor
: Redaksi