Truck yang Keluar dari Simpang Pujud Akan Dialihkan Lewat Ringroad

235 view
Truck yang Keluar dari Simpang Pujud Akan Dialihkan Lewat Ringroad
Foto: Slamet
Camat Bagan Sinembah Sakinah dan beberapa pihak perusahaan saat meninjau jalan ring road yang akan segera dilintasi.

BAGANBATU, datariau.com - Sebagai upaya dalam persiapan pengalihan lintasan truk-truk bermuatan berat ke jalan Ringroad dari Simpang menuju depan Kantor Camat Bagan Sinembah, Camat Bagan Sinembah Sakinah SSTP. didampingi Kapolsek Bagan Sinembah bersama perwakilan sejumlah perusahaan melakukan rapat dan kemudian dilanjutkan kelapangan guna melihat langsung kondisi jalan Ringroad tersebut.

Truk- truk tersebut sebelumnya melintas keluar melalui Simpang Pujud atau melewati kampung dusun Simpang pujud Kepenghuluan Bahtera Makmur.

Dan kedepan akan dialihkan melintasi Ringroad atau jalan lingkar dengan rute dari perbatasan PTPN III Sei Meranti menuju wilayah Kepenghuluan Suka Maju dan keluar persis di depan kantor Camat Bagan Sinembah.

"Kita langsung tinjau kelayakan jalan setelah menggelar rapat koordinasi dengan perusahaan yang alat transportasinya menggunakan jalan Simpang Pujud," ungkap Camat Bagan Sinembah Sakinah SSTP Msi didampingi Upika lainnya, Selasa (30/01).

Dikatakan Sakinah, kondisi jalan saat ditinjau terdapat beberapa titik yang harus diperbaiki agar nantinya kendaraan yang melintas dapat dengan mudah tanpa kendala.

Untuk memperbaiki itu, lanjut Sakinah, perusahaan secara bergotong royong akan memperbaiki titik-titik yang harus diperbaiki.

"Ada PT Sumatera Riang Lestari, PTPN III, PTPN V, PT LTS dan perusahaan lainnya, Insya Allah akan segera dilakukan perbaikan," ungkap Sakinah kembali.

Dijelaskan Sakinah, pengalihan kendaraan itu bertujuan untuk menghindari kerusakan jalan Simpang Pujud dan polusi udara yang ditimbulkan dari kendaraan bertonase berat.

"Alhamdulillah sudah mencapai kesepakatan kendaraan truck akan melintasi jalan Ringroad, intinya untuk kepentingan masyarakat khususnya Simpang Pujud," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, pengalihan kendaraan itu bermula adanya aksi pemblokiran jalan dilakukan oleh oknum warga yang dimotori Pemuda Bagan Sinembah (PBS) pada beberapa waktu lalu.

Dan Unsur Pimpinan Kecamatan (Upika) Bagan Sinembah langsung menggelar rapat dengan beberapa perusahaan yang digelar di ruangan kantor camat, di Jln Lintas Riau-Sumut KM 8 Kepenghuluan Gelora, Kecamatan Bagan Sinembah.

Dari 9 perusahaan yang transportasinya melintasi jalan Simpang Pujud itu hanya dihadiri 3 perwakilan perusahaan saja, diantaranya HTI PT Sumatera Riang Lestari (SRL) diwakili Humas, Manuara Simanjuntak, PT Lahan Tani Sakti diwakili Askep, Ruku dan PKS PT Geliga Bagan Riau diwakili Aslan. 

Usai rapat, Camat Bagan Sinembah Sakinah SSTP Msi kepada awak media menyampaikan bahwa dari hasil pertemuan itu, terungkap bahwa sebelum dilakukan aksi blokir jalan yang tanpa melayangkan surat pemberitahuan itu, pihak Kepenghuluan Bahtera Makmur sudah melakukan surat permohonan kerjasama dengan perusahaan HTI PT SRL. 

"Dan bantuan berupa batu petrun sudah diturunkan 2 unit Dump Truk ke lokasi jalan berlubang, memang masih kurang dan penghulu sudah berkoordinasi dengan pihak perusahaan untuk diperbaiki kembali," kata Sakinah. 

Dia juga mengatakan bahwa untuk jangka pendek ini, perusahaan HTI dan PT LTS akan berusaha memperbaiki sebelum akan dilakukan pemanggilan terhadap perusahaan lainnya yang tidak hadir pada saat ini. 

"Jadi untuk tahap awal, kedua perusahaan itu memperbaiki jalan yang rusak. Dan kedepannya kita akan menggelar rapat dan memanggil perusahaan yang lain untuk mematangkan perbaikan jalan," ungkapnya. 

Sakinah juga menjelaskan bahwa status jalan tersebut merupakan jalan milik Provinsi dan bukan Kabupaten Rokan Hilir. Jadi untuk itu, pemerintah kabupaten tidak bisa memperbaiki jalan tersebut dan untuk perbaikan, perusahaan juga sudah bersedia.

"Kita tunggu saja nanti pertemuan kedua dengan perwakilan perusahaan. Dan nanti akan kita buat surat edaran yang ditandatangani Upika kepada perusahaan yang melintasi Simpang Pujud," pungkasnya. 

Rapat koordinasi yang perdana itu juga dihadiri Kapolsek Bagan Sinembah Kompol Panangian SH MSi, Danramil 03/Bgs Kapten Inf Y Mendrofa, Kasat Intelkam Polres Rohil AKP Banjarnahor, pihak perusahaan, para Datuk Penghulu, Kadus Simpang Pujud dan para RT. (Sella)

Penulis
: Sella
Editor
: Ruslan Efendi
Sumber
: datariau.com
Tag: