Tarif Tol Naik, Ongkir Barang Bakal Mahal

Admin
398 view
Tarif Tol Naik, Ongkir Barang Bakal Mahal
DATARIAU.COM - Tarif tol Bandara Soekarno Hatta akan naik mulai 14 Februari mendatang. Hal ini akan membuat ongkos kirim (ongkir) barang terancam semakin terkerek.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Pos dan Logistik Indonesia (Asperindo) Budi Paryanto mengatakan langkah menaikkan ongkos kirim alias ongkir ini terpaksa dilakukan sebagai konsekuensi dari komponen biaya (cost) yang juga naik.

Apalagi tarif kargo udara yang mempunyai porsi 30-40% dari total komponen biaya sudah dinaikkan enam kali dalam tiga bulan.

"Kalau (komponen biaya jalur) darat itu banyak ya. Komponennya tuh pada saat pick up barang untuk daerah tertentu kita masuk tol, terus pada waktu kita ke bandara, kemudian waktu kita delivery untuk daerah-daerah tertentu pasti pakai tol, jadi boleh dikatakan (porsi biaya jalur darat) ada sekitar 20%," ujarnya saat dihubungi CNBC Indonesia, Senin (11/2/208).

Budi menambahkan, beberapa waktu lalu sebagian anggota asosiasi sebenarnya telah menaikkan ongkir merespon naiknya tariff kargo udara. Jika tarif tol bandara naik, maka bukan tidak mungkin ongkir akan kembali dinaikkan untuk menghindari kerugian.

"Ya (serba salah). Kalau nggak dinaikkan kita rugi, (tapi) kalau dinaikkan kita kehilangan sebagian besar pasar," jelasnya.

"Tuntutannya cuma 1, turunkan tarif kargo dan tarif tol. Kalau itu gak bisa diturunkan, ya kami harus menaikkan ongkir kami," pungkasnya. (*)
Editor
: Redaksi
Sumber
: https://www.cnbcindonesia.com/news/20190211171330-4-54865/siap-siap-tol-bandara-soetta-naik-ongkir-barang-makin-mahal?tag_from=wp_wm_cnbc