Sah! Jokowi Tetapkan Ibu Kota Pindah ke Kaltim, Jakarta Pusat Bisnis

Bambang
228 view
Sah! Jokowi Tetapkan Ibu Kota Pindah ke Kaltim, Jakarta Pusat Bisnis
Foto: Fahrian Saleh/kumparan
Presiden Jokowi didampingi sejumlah menteri kabinet umumkan lokasi ibu kota baru.
Datariau.com - Keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin memindahkan Ibu Kota negara memang sungguh - sungguh. Setelah sebelumnya, Jokowi meminta izin memindahkan Ibu Kota di sidang paripurna istimewa di Gedung MPR/DPR dalam pidato kenegaraan HUT Ke 74 RI, hari ini, secara resmi Presiden Jokowi mengumumkan lokasinya ke Kalimantan Timur, tepatnya di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara (Kukar).

Pengumuman tersebut langsung disampaikan Jokowi di hadapan para menteri Kabinet Kerja dan media. Lantas, bagaimana nasib Jakarta?

Jokowi menjelaskan, meskipun ibu kota pindah ke Kalimantan, namun Jakarta akan tetap menjadi pusat bisnis Indonesia.

"Jakarta akan tetap menjadi prioritas pembangunan dan dikembangkan jadi kota bisnis, keuangan, perdagangan dan jasa berskala regional dan global," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/2019).

Sebagai pusat bisnis, kata Jokowi, Jakarta tetap akan melakukan pembangunan. Anggaran yang disiapkan untuk memoles Jakarta diperkirakan mencapai Rp 571 triliun.

"Rencana Pemprov DKI untuk melakukan urban degeneration yang dianggarkan Rp 571 triliun tetap terus dijalankan dan pembahasannya sudah pada level teknis dan siap eksekusi," paparnya.

Jokowi tak menampik, pemindahan ibu kota ini perlu mendapat dukungan dan persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

"Oleh sebab itu tadi pagi saya sudah berkirim surat ke ketua DPR dengan dilampiri hasil - hasil kajian mengenai calon ibu kota baru. Sehubungan dengan hal tersebut pemerintah akan siapkan RUU untuk selanjutnya disampaikan ke DPR," ucap Jokowi.*


Editor
: bambang
Sumber
: Kumparan.com