Polisi Siak Kembali Mengamankan Pelaku Pencabulan Anak Dibawah Umur

Hermansyah
593 view
Polisi Siak Kembali Mengamankan Pelaku Pencabulan Anak Dibawah Umur
Pelaku tindak pidana pencabulan inisial SA (29) diamankan di Mapolsek Kandis.

SIAK, datariau.com - Tindak pidana pencabulan terhadap anak dibawah umur kembali terjadi di wilayah hukum Polres Siak khususnya di Kecamatan Kandis Kabupaten Siak Riau pada Ahad (9/8/2020) sekira pukul 10.00 WIB.

Korban yang masih berusia 17 tahun tersebut, berawal dari terduga pelaku yang melarikan atau membawa kabur korban masih dibawah umur sebelumnya itupun berhasil di amankan Tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Kandis jajaran Polres Siak di salah satu kamar hotel di Kandis.

"Pelaku inisial SA (29) ini, awalnya melarikan korban SPR (17), yang masih dibawah umur, dan membawanya ke hotel kamar nomor 114 di Kandis," kata Kapolsek Kandis melalui Kapolres Siak AKBP Doddy F Sanjaya SIK kemaren.

Penangkapan terhadap pelaku ini, kata Kapolres Siak, terjadi pada Ahad lalu, telah datang melapor ke Mapolsek Kandis seorang perempuan berinisial MSF (orangtua korban), tentang terjadinya persetubuhan anak dibawah umur.

Kejadian inipun berawal saat orangtua korban curiga karena tidak melihat lagi anaknya, yang diduga dibawa pelaku SA (29), dimana sebelumnya masih berada dan duduk duduk di  warung miliknya di KM 76 Jalan Raya Pekanbaru-Duri Kelurahan Telaga Samsam Kecamatan Kandis.

"Orangtua korban pun berupaya mencari korban bersama disepanjang jalan pasar Minggu Kandis, namun korban tidak ditemukan, selanjutnya pelapor kembali berusaha mencari keberadaan korban disemua penginapan di Kecamatan Kandis," jelas Kapolres Siak lagi.

Saat dalam pencarian korban, kata AKBP Doddy F Sanjaya SIK, selanjutnya orangtua korban bertemu dengan saksi berinisial MR dan RZ yang diketahui melihat sepeda motor yang digunakan oleh diduga pelaku parkir di hotel Mutiara Kecamatan Kandis. 

"Orangtua korban bertanya kepada resepsionis hotel tentang keberadaan korban, dan diduga bersama pelaku yang mengendarai sepeda motor jenis Beat BA 3475 FC. Lalu, karyawan hotel mengakui bahwa korban bersama diduga pelaku memginap di hotel tersebut," ungkap Doddy.

Berdasarkan pernyataan karyawan hotel tersebut, yang selanjutnya menunjukan bahwa korban bersama diduga pelaku baru cek-in pada pukul 08. 00 WIB, dan menginap di kamar hotel nomor 114. Mengetahui korban (anaknya) didalam bersama diduga pelaku ini berusaha masuk ke kamar tempat dimana korban menginap.

"Orangtua korban menemukan SPR (17) ini, bersama dengan yang diduga pelaku inisial SA (29) didalam kamar hotel tersebut, melihat kedatangan orangtua korban pelaku pun terkejut, dan berusaha kabur melarikan diri melalui jendela hotel," imbuhnya.

Saat kabur, jelas AKBP Doddy F Sanjaya SIK, orangtua korban menanyakan tentang apa yang dilakukannya didalam kamar hotel dan korban yang mengakui bahwa telah melakukan persetubuhan dengan yang diduga pelaku, akhirnya pelaku pun ditahan atas laporan orangtua korban di Mapolsek Kandis.

Selanjutnya pelaku beserta barang bukti yang didapat kemudian di amankan dan dibawa ke Mapolsek Kandis untuk proses pemeriksaan dan penyidikan lebih lanjut. 

"Atas perbuatan pelaku, maka pelaku dikenakan pasal 81 ayat (2) Undang Undang RI Nomor 17 Tahun  2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Penganti Undang Undang RI Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Undang Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak Jo Pasal 76 huruf d Undang Undang RI Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak Jo Pasal 332 Ayat (1) Ke 1 KUHPidana," pungkasnya.(Eman)

Penulis
: Hermansyah
Editor
: Redaksi
Sumber
: Datariau.com
Tag:Siak