Bukan Sekedar Kopdar, Komunitas Kuliner LE Siak Perawang Juga Wujudkan Akhlakul Karimah

Hermansyah
1.262 view
Bukan Sekedar Kopdar, Komunitas Kuliner LE Siak Perawang Juga Wujudkan Akhlakul Karimah
Kopi darat Komunitas Kuliner Langsungenak Siak Perawang dengan para pelaku UMKM di Kecamatan Tualang.

SIAK, datariau.com - Komunitas Kuliner Langsungenak Siak Perawang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak Riau, Ahad (1/12/2019) pagi. Menggelar kopi darat bersama pelaku Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM) disalah satu kediaman anggota komunitas tersebut.

Komunitas yang berdiri sejak Maret tahun lalu ini, tidak hanya sekedar mewadahi penikmat maupun pelaku UMKM saja, akan tetapi bagi para ibu-ibu rumah tangga yang membuat kuliner (makanan).

Wacarik (Wakil Ketua) Komunitas Langsungenak Siak Perawang Linda Wati (Oma Linda) dengan pemilik akun media sosial Facebook Ivan Ivan menyebutkan, komunitas ini berpusat di Jakarta saat ini beranggota disetiap daerah itu maksimal 150 orang atau lebih.

Komunitas ini juga telah beranggota lebih kurang 1 juta yang tersebar di 34 Provinsi, termasuk Perawang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak Provinsi Riau yaitu Komunitas Kuliner Langsungenak Siak Perawang.

"Komunitas ini pusatnya di Jakarta, dan kita belum sejauh itu, kita masih merangkaklah, istilahnya begini, kita masih baru dan untuk pengurusan juga masih baru dan kita bertahap. Dan saat ini ada program, yang mana program itu kita lakukan bertujuan langsung terjun ke masyarakat," tutur dia.

Dikatakan Linda, program ini dilakukan (bertujuan) berhubungan langsung dengan pemerintahan desa setempat, dan disana kita memberikan pembinaan dan pelatihan.

"Disini kita berbagi ilmu, sekalian sosialisasi komunitas ini agar lebih diketahui dan dikenal lagi oleh masyarakat, khususnya masyarakat di Kampung Perawang Barat," jelasnya kepada datariau com, Ahad (1/12/2019) pagi.

Masih dilokasi kegiatan kopi darat yang diadakan di kediaman salah satu anggota Komunitas Kuliner Langsungenak Siak Perawang Kecamatan Tualang, Ahad (1/12/2019). Carik (Ketua) Komunitas Kuliner Langsungenak Siak Okni Herriyani (Umi Unik Alkansa) berharap dengan komunitas ini membuat membernya itu tangguh dan mandiri.

"Salah satunya seperti visi komunitas LE ini, mewujudkan akhlak alkarimah, tangguh dan mandiri kuliner bagi komunitas LE ini dan mampu membawa nilai manfaat bagi diri sendiri dan komunitas, baik diri sendiri maupun oranglain," sebut Umi.

Jadi, kata Umi lagi, untuk mewujudkan visi komunitas tadi, dengan membutuhkan ilmu yang di pelajari dan dapat bermanfaat dalam memulai bisnis berwirausaha dengan cara melaksanakan kegiatan akbar atau seperti kopi darat saat ini.

"Itu rencananya, kopi darat itu di adakan 3 kali dalam satu tahun. Dan InsyaAllah kita akan mendatangkan moderator yang dapat memberikan ilmu pengetahuan serta pelatihan nantinya. Intinya komunitas ini dapat membantu dan meningkatkan ekonomi," imbuhnya.

Perihal Komunitas Kuliner Langsungenak Siak Perawang Kecamatan Tualang, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Siak Wan Fazri Auli melalui sambungan seluler, Ahad (1/12/2019) siang. Dia mengatakan, perihal agar mudah nantinya dikenal di masyrakat itu harus disampaikan ke kecamatan dulu, dan kemudian baru dapat di adakan pelatihan maupun pembekalan terhadap pelaku UMKM ini.

"Untuk bantuan itu di kabupaten tidak ada, bantuan itu adanya di pusat. Dan bentuk perhatian dari kita (Dinas Koperasi dan UMKM) itu dalam bentuk pelatihan-pelatihan dan cara-cara memasarkan saja, salah satunya pemasaran dengan cara online," pungkasnya.

Penulis
: Hermansyah
Editor
: Redaksi
Tag:Siak