Alasan Jokowi Pilih Palangkaraya jadi Ibu Kota Negara Pengganti Jakarta?

Admin
7.624 view
Alasan Jokowi Pilih Palangkaraya jadi Ibu Kota Negara Pengganti Jakarta?
Ilustrasi (Foto: Internet)
DATARIAU.COM - Wacana pemindahan Ibu Kota yang baru kembali mencuat, setelah Presiden Joko Widodo menegaskan niat pemerintah. Bahkan, ia sudah mengunjungi Kalimantan Timur yang juga menyiapkan diri untuk menggantikan Jakarta.

Saat berada di Palangkaraya, untuk meninjau beberapa lokasi yang disiapkan sebagai Ibu Kota baru, Jokowi sempat ditanya mengenai peluang provinsi ini untuk menjadi Ibu Kota negara.

Jokowi tidak menampik, Kalimantan Tengah menjadi salah satu yang punya kesempatan besar sebagai Ibu Kota Negara yang baru. Ia juga menyinggung, bahwa Soekarno, yang merupakan bapak idiologis PDIP, partai tempat Jokowi bernaung, juga menghendaki Ibu Kota Indonesia di daerah ini.

"Kalteng ini kan visi kita memindahkan Ibu Kota kan sudah sejak zaman Bung Karno, Presiden pertama RI. Dan beliau dulu memiliki keinginan untuk di Palangkaraya. Tapi dulu, loh ya. Sekarang dilihat lagi," kata Jokowi, usai salat taraweh di Masjid Darul Arqom Muhammadiyah, Palangkaraya, Selasa malam 7 Mei 2019.

Ada sejumlah tempat yang akan ditinjau oleh Presiden Jokowi besok, pada Rabu 8 Mei 2019. Yaitu Katingan, Gunung Mas, Palangkaraya sendiri, dan Pulang Pisau. Setidaknya 300 ribu hektare lahan disiapkan. Bahkan jika dianggap kurang, pemerintah provinsi siap menambahkan hingga 60 ribu hektare lagi.

"Di sini memang lahannya sangat luas sekali. Besok dilihat jadi saya bisa sampaikan," katanya.

Sebagai informasi, Kalimantan Tengah memiliki letak strategis karena mempunyai lahan besar untuk menjadi Ibu Kota Negara. Wilayah ini juga punya sejarah kuat.

Presiden Soekarno, pernah menetapkan Palangkaraya sebagai Ibu Kota RI di masa depan. Pada 1957, Soekarno bahkan ketika meresmikan Palangkaraya sebagai Ibu Kota Kalimantan Tengah, mengatakan telah membuat master plan menjadikannya sebagai Ibu Kota RI ke depan.

Maka tak heran, di Palangkaraya terdapat Tugu Soekarno, sebagai tanda bahwa proklamator itu memang sudah memutuskan daerah itu menjadi Ibu Kota. (*)
Sumber
: Viva.co.id
Tag: