Advertorial Dinas Kebudayaan Provinsi Riau

Gratis Untuk Umum, Disbud Riau Gelar Pameran Kontemporer Permainan Rakyat Tradisional

Admin
743 view
Gratis Untuk Umum, Disbud Riau Gelar Pameran Kontemporer Permainan Rakyat Tradisional
Foto: Siswandi
Acara pembukaan Pameran Kontemporer Permainan Rakyat Tradisional di Bilik Ruangan Khusus Sa'diah Mustafa, ditaja oleh UPT Museum Sang Nila Utama dan Taman Budaya Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Kamis (8/12/2022).

PEKANBARU, datariau.com - Secara resmi Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau Raja Yoserizal Zen, didampingi Sekretaris Disbud Riau Royan Pribadi, membuka Pameran Kontemporer Permainan Rakyat Tradisional dengan tema "Dalam Semangat Permainan Rakyat" di Bilik Ruangan Khusus Sa'diah Mustafa, ditaja oleh UPT Museum Sang Nila Utama dan Taman Budaya Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Kamis (8/12/2022).

Usai acara, Kadisbud Riau Raja Yoserizal Zen mengatakan, kegiatan pameran kontemporer merupakan kegiatan tahunan Dinas Kebudayaan Provinsi Riau melalui UPT Museum Sang Nila Utama dan Taman Budaya.



Sebelum kegiatan pameran Permainan Rakyat Tradisional tahun 2022, Disbud Riau juga sudah melaksanakan Pameran Kontemporer Senjata Tradisional.

"Tentunya kegiatan pameran Permainan Rakyat berkait kelindan dengan koleksi yang ada di museum Sang Nila Utama Provinsi Riau. Adapun tujuan kegiatan pameran Permainan Rakyat ini memberikan pengenalan kepada masyarakat Riau khususnya para pelajar dan mahasiswa. Di dalam pameran Permainan Rakyat tersebut juga dipamerkan berbagai jenis permainan rakyat," ungkap Yoserizal Zen.

Dikatakannya, bahwa permainan tradisional memiliki banyak sisi positif yang mengajarkan banyak hal dan bukan hanya bentuk permainan semata, tetapi banyak nilai-nilai fisiologi dan kearifan lokal yang tertanam di dalamnya, selain memiliki nilai keceriaan yang tinggi, permainan tradisional juga merupakan salah satu bentuk ketahanan budaya bangsa.



Diantara permainan tradisional yaitu lompat tali merdeka, permainan porok, permainan goncang kaleng, permainan sitinjak egrang, permainan canang atau petok lele, permainan cakbur, permainan lulu cina buta, permainan lego, permainan starta egrang tempurung, permainan guli, bakia gasing, congkak, lompat tali, papan lima, layang-layang, egrang panjang dan permainan ali oma dan banyak lain lagi.

"Kita berharap masyarakat Riau, pelajar dan mahasiswa dapat berkunjung ke acara pameran Permainan Rakyat secara gratis yang dimulai dari 8 hingga 12 Agustus 2022 di Dinas Kebudayaan Provinsi Riau Jalan Sudirman kota Pekanbaru," ajak Yoserizal Zen. (suf)

JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)