Advertorial Pemkab Meranti

Bupati Meranti HM Adil SH Kunker ke Rangsang Barat Sekaligus Ziarah Makam H Sulaiman

Hermansyah
117 view
Bupati Meranti HM Adil SH Kunker ke Rangsang Barat Sekaligus Ziarah Makam H Sulaiman
Bupati Meranti HM Adil SH ziarah ke makam Alm H Sulaiman Bin Nandung di Rangsang Barat.

MERANTI, datariau.com - Bupati Meranti H Muhammad Adil SH kunjungi makam H Sulaiman Bin Nandung di Desa Permai, Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Siak, sekaligus meninjau rehabilitasi Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), Selasa (24/8/2021).

Setelah sholat subuh Bupati Meranti H Muhammad Adil SH bersama staf, ajudan kunjungi makam H Sulaiman Bin Nandung yang berada ditengah hutan dimana menurut informasi masyarakat permai bahwa H Sulaiman merupakan orang pertama pembuka Kampung Desa Permai yang berada di Kecamatan Rangsang Barat.

Sesampainya di Rangsang Barat, Bupati Meranti HM Adil SH didampingi Camat Rangsang Barat Ratna Juwita Sari dan Kepala Desa Azman serta Anggota Satpol PP, menuju ke lokasi Makam H Sulaiman Bin Nandung yang berada ditengah hutan berjarak sekitar 750 meter.

Di lokasi makam, terdapat 11 kuburan dan salah satunya adalah makam Alm H Sulaiman Bin Nandung yang berusia berabad-abad, menurut cerita masyarakat disekitar cucunya turut membangun Masjid Jamik berusia 1 abad yang ada di Desa Permai.

Sementara itu, Bupati Meranti meminta agar dilakukan rehabilitasi pada makam tersebut serta dibangun jalan, agar masyarakat setempat dapat berziarah mengenang jasa orang yang pertama pembuka kampung tersebut.

"Kalau bisa sini dibikin tempat duduk dan dilebarkan agar bisa di ziarah orang-orang, dan saya harapkan agar bisa ditimbun karena makam disini sudah dalam keadaan lembah dan harus dicor, kemudian kalau bisa cari orang yang pintar," ungkap H Muhammad Adil SH.

"Kalau nanti sudah direhabilitasi makamnya orang yang ziarah bisa sholat, dan dibuat kolam agar bisa menjadi tempat wudhu, kemudian ketika sudah siap semuanya harus ada juru kunci, dan kebersihan disini wajib dijaga," ujar Bupati Meranti itu.

Usai berziarah, Bupati Meranti H Muhammad Adil SH langsung meninjau lokasi Gedung LAMR yang saat ini sedang dilakukan renovasi dan diminta kepada Camat ketika selesai agar dapat dijaga dengan baik jangan dibiarkan seperti ini.

"Saya ingatkan tempat pelaminan ini harus dibikin sebagus mungkin, agar nanti ketika Camat maupun Kepala Desa yang dilantik dapat ditepung tawar sehingga LAMR ini dapat difungsikan Kembali," pinta HM Adil SH.

"Nanti pada tahun 2022 akan saya anggarkan untuk penunjukan langsung di semua LAMR yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti," pungkasnya.(adv/wandi)