Saat Wabah Virus Corona Melanda Dunia, Amankah Berpuasa Ramadhan Tahun Ini?

Datariau.com
393 view
Saat Wabah Virus Corona Melanda Dunia, Amankah Berpuasa Ramadhan Tahun Ini?

DATARIAU.COM - Saat wabah virus corona masih terjadi dan jumlah kasus infeksi terus bertambah, umat Islam di seluruh dunia sedang bersiap menyambut bulan suci Ramadan. Antisipasi penyebaran virus dilakukan dengan meniadakan salat tarawih berjemaah di masjid, termasuk kegiatan buka bersama. Tapi, apakah berpuasa ketika wabah terjadi tetap aman bagi tubuh manusia?

Negara-negara di Timur Tengah, termasuk dua kota suci umat Islam, Makkah dan Madinah memperketat aktivitas ibadah dengan mengumpulkan orang banyak. Masjidil Haram dan Masjid Nabawi bahkan tidak mengadakan kegiatan buka puasa bersama dan salat tarawih untuk warga umum. Sementara di beberapa kota lain aturan lebih longgar dengan membatasi jumlah jemaah.

Berpuasa dalam kondisi normal saja, membutuhkan persiapan dan tubuh yang sehat. Apalagi saat kondisi seperti sekarang, selain tetap menjaga kondisi fisik, upaya pencegahan tertular virus dengan physical distancing maupun social distancing harus tetap dilakukan.

Jadi, lupakan saja ikut kegiatan buka puasa bersama dengan teman atau dengan keluarga besar yang biasa kita lakukan di tahun-tahun sebelumnya. Karena yang paling utama saat ini adalah menjaga diri kita tetap sehat dan tidak tertular virus corona, termasuk keluarga di sekeliling kita.

Terlepas dari keadaan luar biasa Ramadan tahun ini yang akan dimulai 23 atau 24 April mendatang, para ahli mengingatkan bahwa pelaksanaan ibadah puasa harus tetap aman.

"Seharusnya aman bagi orang untuk berpuasa selama bulan Ramadan asalkan mereka mengikuti pedoman menjaga jarak fisik dan kebersihan tangan untuk membantu mencegah infeksi," kata Dr. Maher Balkis, staf rekanan dokter penyakit menular di Klinik Cleveland Abu Dhabi seperti dikutip Al Arabiya, Selasa (21/4).

Dia menjelaskan, sejauh ini belum ada penelitian dampak puasa terhadap pasien Covid-19. "Belum ada penelitian tentang dampak puasa dan pasien dari Covid-19. Namun, orang yang sakit, terutama mereka yang terkena Covid-19 mungkin ingin mempertimbangkan alasan keagamaan untuk berbuka puasa dengan berkonsultasi dengan dokter mereka."

Balkis mengatakan, selama ini, dari berbagai hasil penelitian, puasa selama bulan Ramadan tidak memiliki efek negatif pada sistem kekebalan tubuh bagi orang sehat.

Bagi mereka yang ingin berpuasa, Balkis menawarkan beberapa saran. "Seperti halnya setiap tahun, orang yang berpuasa harus berusaha untuk tetap terhidrasi, menghindari makan berlebihan selama jam-jam non-puasa dan membuat pilihan nutrisi yang sehat seperti makanan segar, yang tidak diolah dengan banyak sayuran berdaun hijau," katanya.

Tips Berpuasa Saat Lockdown
Suasana puasa Ramadan tahun ini akan berbeda dan tidak pernah dialami sebelumnya. Bagi umat Islam yang berada di wilayah yang sedang diberlakukan lockdown, tidak banyak pilihan kegiatan yang bisa dilakukan.

Meski begitu, ada sejumlah cara agar puasa Ramadan kali ini tetap bermakna bagi Anda. Berikut tipsnya seperti dikutip dari Al Arabiya:

Tetapkan Target yang Realistis

Sebelum memasuki Ramadan, buatlah target untuk diri Anda sendiri yang Anda tahu akan dapat Anda capai. Seperti salat di awal waktu setelah mendengar azan, membaca dua hingga lima halaman Alquran setiap hari, atau bersedekah dengan jumlah yang Anda tentukan nilainya setiap pekan.

Sempurnakan Ibadah Anda

Dengan aturan kerja dari rumah, Anda tidak perlu lagi terburu-buru pulang kantor untuk mengejar salat tarawih bersama. Kini, Anda bisa salat berjemaah bersama keluarga di rumah. Satu lagi, kurangi waktu Anda menjelajahi media sosial dan manfaatkan waktu untuk membaca Alquran dan buku-buku keagamaan.

Buka Puasa Bersama Virtual

Salah satu kegiatan yang dinanti saat puasa Ramadan adalah acara buka puasa bersama. Dalam situasi seperti saat ini, mengadakan buka puasa bersama secara online adalah pilihan yang bisa dicoba.

Mencoba Resep Baru

Selama Ramadan, butuh menu yang beragam saat berbuka puasa agar kita tidak bosan. Mencoba resep baru setiap hari bisa menjadi tantangan kegiatan yang menarik.

Membantu yang Kurang Beruntung

Pandemi corona telah membuat banyak orang mengalami kesulitan ekonomi. Bagi Anda yang memiliki kelebihan rezeki, jangan lupa menyisihkan untuk mereka yang kesulitan. Dari makanan hingga uang, semuanya akan sangat membantu bagi mereka yang sangat membutuhkan. Utamakan membantu di sekeliling Anda, baru kemudian melalui lembaga terpercaya. (*)

Editor
: Samsul
Sumber
: Merdeka.com
Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com