Tingkatkan Kualitas Pendidikan Vokasi, Astra Bantu Revitalisasi dan Pendampingan Tiga SMK di Surakarta

Samsul
205 view
Tingkatkan Kualitas Pendidikan Vokasi, Astra Bantu Revitalisasi dan Pendampingan Tiga SMK di Surakarta

Astra juga memberikan program pengembangan kompetensi guru, sertifikasi, sertasharingsoft skilluntuk mengasah kepiawaian metode belajar. Kemampuan para guru memengaruhi cara belajar peserta didik untuk memenuhi prinsip-prinsip dasarlink and matchyang sesuai untuk industri.

SMK Binaan Astra

Guna mendukung program sepertilink and matchantara dunia pendidikan dan industri, Grup Astra juga telah membina 3.249 SMK melalui program praktik kerja lapangan, pengembangan kurikulum serta prasarana pendidikan, salah satunya berupa program pengembanganlink and matchSMK Binaan Astra (SMK BISA).

SMK BISA merupakan program pelatihan dan pembinaan SMK yang fokus kepada pembinaan SMK, pengembanganteachingfactory, sinergi dengan badan terkait, pengembangan sistemlink and match.

Program ini telah berjalan sejak tahun 2010 hingga saat ini dan bekerja sama dengan Kemdikbudristek RI. Dalam perjalanannya, kerja sama ini menghasilkan 137 SMK telah terverifikasi dengan asesmenteaching factory, yakni model pembelajaran di SMK berbasis produksi atau jasa yang mengacu pada standar dan prosedur yang berlaku di industri dan dilaksanakan seperti suasana seperti yang terjadi di industri.

Melalui program SMK BISA, Astra berhasil menyerap sekitar 64% lulusan SMK yang bekerja di perusahaan-perusahaan Grup Astra, sedangkan selebihnya diserap langsung oleh industri lain dan sebagian lainnya melanjutkan studi ke jenjang selanjutnya atau menjadi wirausaha.