Tim Kukerta Unri 2021 Kembangkan Potensi Desa Danau Pulai Indah Melalui Pembuatan Jamu Herbal

Ruslan
147 view
Tim Kukerta Unri 2021 Kembangkan Potensi Desa Danau Pulai Indah Melalui Pembuatan Jamu Herbal
Foto: Ist

INHIL, datariau.com - Mahasisiwa Kukerta Unri 2021 Desa Danau Pulai Indah, Kecamatan Kempas, Kabupaten Indragiri Hilir mengadakan salah satu program kerja unggulan yaitu pembuatan jamu herbal dalam rangka ikut berpatisipasi terhadap produksi jamu yang dilakukan oleh salah seorang produsen jamu di desa tersebut.

Jamu adalah obat tradisional yang berisi seluruh bahan tanaman yang berkhasiat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh manusia dengan manfaat yang beragam sesuai dengan jenis jamunya sendiri.

Minuman tradisional ini begitu diminati oleh masyarakat, karena selain berkhasiat, dia juga mudah didapatkan.

Mahasiswa kukerta Universitas Riau Desa Danau Pulai Indah berkontribusi bersama salah seorang pembuat sekaligus penjual jamu di desa tersebut, yaitu ibu Nur. Ibu Nur sudah menjadi produsen jamu sejak lama.

Bersama beliau, para mahasiswa Kukerta UNRI ini membuat, memasarkan, serta memberi nama dan logo terhadap produk jamu Ibu Nur tersebut. hal ini menjadikan semakin berkembangnya produk jamu di desa Danau Pulai Indah.

Minuman tradisional khas Indonesia ini akhir-akhir waktu ini memang begitu diminati oleh masyarakat, terlebih di saat pandemi seperti sekarang ini.

Salah satu alasannya adalah karena salah satu jenis jamu herbal yang rutin dibuat di desa Danau Pulai Indah yaitu Jamu Sereja dikenal berperan besar dalam memperkuat imun tubuh serta membantu mencegah diri dari Covid-19.

Ibu Nur selaku produsen jamu terbesar di desa tersebut mengatakan bahwa peminat jamunya meningkat di saat masa pandemi ini.

Karena alasan tersebutlah, pihak KKN UNRI membantu dalam mengembangkan jamu tersebut dengan membuat dan mengolah beberapa macam/jenis jamu serta memberi nama brand dan membuatkan logo untuk produk jamu milik ibu Nur tersebut.

Pihak KKN UNRI juga membantu dalam proses pemasarannya melalui pemberian resmi nama dan logo “Jamu Ibu Nur”.

Dengan membuat dan membantu proses produksi dan inovasi jamu tersebut diharapkan masyarakat sekitar, terutama para konsumen jamu Ibu Nur menjadi semakin tertarik dan dipermudah dalam mendapatkan minuman jamu herbal yang diinginkan, serta meningkatkan ide bisnis dan juga mengembangkan kreativitas dan ekonomi masyarakat. (ril)