Sediakan 3 Tempat Ibadah Sekaligus, SMA Sultan Iskandar Muda Tuai Pujian Nadiem Makarim

Sindy Aprilia Dwiyanti
112 view
Sediakan 3 Tempat Ibadah Sekaligus, SMA Sultan Iskandar Muda Tuai Pujian Nadiem Makarim
Gambar : antaranews.com

DATARIAU.COM - Mendikbudristek, Nadiem Makarim, lakukan kunjungan kerja ke Medan, Sumatera Utara (Sumut) untuk mengecek Pembelajaran Tatap Muka di daerah tersebut. Nadiem pun mengaku salut pada satu sekolah yang menyediakan masjid, gereja dan vihara di dalamnya.

Nadiem datang bersama Wali Kota Medan, Bobby Nasution ke SMA Sultan Iskandar Muda, Medan, Selasa (26/10/2021). Awalnya, Nadiem menemui siswa-siswi SMA Sultan Iskandar Muda dan kemudian mengelilingi sekolah itu. Dia juga memasuki setiap tempat ibadah yang ada di sekolah itu.

"Hari ini hari yang sangat menginspirasi buat saya, ini sekolah-sekolah Sultan Iskandar Muda ini menjadi satu sekolah percontohan yang sangat positif. Saya duduk di sini di mana ada vihara, ada pura, ada gereja, dan ada masjid. Semuanya dalam lokasi yang sama menjadi simbol kebinekaan yang luar biasa," kata Nadiem.

Nadiem mengatakan siswa di sekolah tersebut banyak yang mendapat bantuan biaya dari pemerintah. Dia mengingatkan agar program merdeka belajar terus dilaksanakan.

"Komposisi murid yang dari tingkat ekonomi yang kurang mampu itu besar sekali, di mana yang mendapat KIP itu besar sekali. Jadi luar biasa melihat ada sekolah yang punya nilai sosial tinggi, jiwa kebinekaan yang sangat tinggi dan sebenarnya dari berbagai macam praktik-praktik baik yang saya lihat hari ini sudah menjadi merdeka. Jadi saya bilang, tolong bantu kami juga," sebut Nadiem.

Dia mengajak para pelajar dan guru menyebarkan nilai Pancasila. Dia berharap sekolah tersebut bisa membantu Kemendikbudristek dalam program merdeka belajar.

"Marilah kita menyebarkan nilai-nilai positif, nilai-nilai Pancasila ini ke sekolah-sekolah yang lain. Saya harap sekolah-sekolah Sultan Iskandar Muda bisa membantu Kemendikbud Ristek untuk menyebarkan nilai-nilai dan proses pembelajaran yang jauh lebih merdeka," tutur Nadiem. (*)

Source : detik.com