Pengabdian Mahasiswa Kukerta UNRI Sumahilang Edukasi Pentingnya Literasi Kepada Anak PAUD

Datariau.com
797 view
Pengabdian Mahasiswa Kukerta UNRI Sumahilang Edukasi Pentingnya Literasi Kepada Anak PAUD

DATARIAU.COM - Tim Kukerta Universitas Riau (UNRI) Balek Kampung 2021 Kelurahan Sumahilang, Kecamatan Pekanbaru kota melakukan pengabdian dengan memberikan edukasi mengenai pentingnya literasi kepada anak-anak Kelurahan Sumahilang yang dimana Kegiatan edukasi pentingnya literasi di lakukan di PAUD Mutiara Bunda, Jumat (6/8/2021).

Kegiatan yang dilakukan atas izin dan arahan dari dosen pembimbing lapangan Tim Kukerta Kelurahan Sumahilang DR Davit Rahmadan SH MH, kegiatan ini dilaksanakan karena memberikan manfaat bagi anak-anak PAUD Mutiara Bunda yang berada di Kelurahan Sumahilang.

Tujuan diadakannya kegiatan edukasi pentingnya Literasi kepada anak-anak adalah untuk membantu dalam meningkatkan kemampuan setiap individu anak terhadap kemampuan literasi yaitu penguasaan dalam membaca, menulis, dan berhitung.

Literasi merupakan seperangkat keterampilan dan kemampuan seseorang dalam membaca, menulis, berhitung, serta memecahkan masalah dalam kehidupannya sehari-hari.

Oleh karena itu, melalui budaya literasi dapat mewujudkan peran generasi muda dalam aspek pembangunan negara karena Generasi penerus bangsa harus memiliki kualitas SDM yang baik.

Banyak manfaat yang dapat diambil dari kegiatan-kegiatan literasi, literasi merupakan kecakapan penting yang dibutuhkan untuk beradaptasi di zaman Globalisasi. Oleh karena itu, salah satu langkah sederhana namun penting adalah menanamkan pentingnya literasi bagi generasi muda.

Program kegiatan ini dilatarbelakangi bahwasanya masih rendahnya tingkat kemampuan literasi yang ada pada anak-anak, oleh karena itu Tim Kukerta Kelurahan Sumahilang melakukan edukasi pentingnya literasi kepada anak-anak PAUD Mutiara Bunda.

Dimana menanamkan literasi sedini mungkin harus disadari dan dilakukan karena menjadi modal utama dalam mewujudkan bangsa yang cerdas dan berbudaya, dimana anak usia dini (0-6 Tahun) merupakan masa golden age yang otak mereka bertumbuh secara maksimal sehingga dari sejak dinilah diadakanya literasi dimana kegiatan literasi tersebut tidak harus terpaku pada pembelajaran di sekolah.

"Orangtua di rumah pun perlu turut andil dalam menanamkan pendidikan literasi kepada anak-anak terutama di masa Pandemi,” ujar Salsabila perwakilan Tim Kukerta Kelurahan Sumahilang.

Berberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Tim Kukerta Kelurahan Sumahilang di PAUD Mutiara bunda yakni melakukan kegiatan seperti Menceritakan dan menjelaskan mengenai pentingnya untuk melakukan kegiatan literasi (membaca, menulis, dan berhitung).

Selajutnya Tim Kukerta mengajak anak-anak untuk belajar berhitung, menulis, dan adanya kegiatan membaca buku cerita. Disini salah satu tim kukerta membaca buku cerita anak kemudian anak akan menyimak dan memperhatikan cerita dari buku tersebut.

"Tidak lupa setelah membacakan buku cerita, Tim kukerta Kelurahan Sumahilang memberikan kuis kepada anak-anak tujuannya disini agar anak-anak memiliki motivasi dan semangat untuk menyimak," ujar Rafly Vico Ketua Kukerta Kelurahan.

Mahasiswa Kukerta juga mengadakan kegiatan melukis bersama-sama, selain kegiatan literasi membaca, menulis, dan berhitung bahwasanya kegiatan melukis merupakan salah satu bentuk kegiatan literasi yang dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan.

Melukis dilakukan di kaleng susu bekas, kemudian anak-anak bebas untuk menghiasi kaleng susu sesuai dengan kreativitas dan imajinasi anak bahkan anak bisa menuliskan namanya sendiri di kaleng susu.

"Kegiatan yang dilakukan mahasiswa Kukerta Kelurahan Sumahilang sangat bermanfaat dan membantu anak-anak dalam meningkatkan kemampuan literasinya," ujar Kepala PAUD Mutiara Bunda, Susi.

Kegiatan diakhiri dengan mengajak anak-anak untuk menjemurkan kaleng susu dan merapikan alat-alat lukis bersama-sama serta tidak lupa untuk mengajak anak untuk membersihkan diri.

Kaleng susu yang dibuat anak-anak dapat dibawa pulang yang bisa dijadikan sebagai tempat pensil, celengan, atau dapat bermanfaat untuk yang lainnya. (rls)

JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)