Mahasiswa Universitas Riau Bagikan Ramuan Herbal Kepada Masyarakat Desa Pagaran Tapah

@ruslandatariau
168 view
Mahasiswa Universitas Riau Bagikan Ramuan Herbal Kepada Masyarakat Desa Pagaran Tapah
Foto: Ist
Tim Mahasiswa Kukerta Universitas Riau membagikan ramuan herbal berbahan dasar Saffron di Desa Pagaran Tapah.

DATARIAU.COM - Tim Mahasiswa Kukerta Universitas Riau membagikan ramuan herbal berbahan dasar Saffron di Desa Pagaran Tapah. Saffron memiliki rasa yang sedikit pahit dan baunya seperti rumput kering yang disebabkan oleh zat kimia yang dikandungnya.

Saffron mengandung crocin yang merupakan salah satu bahan pewarna karotenoid yang membuat makanan menjadi kuning keemasan. Saffron ini memiliki banyak manfaat, diantaranya:

1. Antioksidan

Saffron mengandung berbagai senyawa tanaman yang bertindak sebagai antioksidan. Senyawa ini telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan, seperti mengurangi peradangan, bersifat antikanker dan antidepresan. Antioksidan yang terkandung di dalamnya seperti crocin, crocetin, safranal, dan kaempferol yang dipercaya bisa membantu melindungi sel-sel tubuh dari stres oksidatif.

2. Meningkatkan Mood dan Mengobati Gejala Depresi

Saffron juga dijuluki sebagai rempah-rempah sinar matahari. Sebuah studi mengatakan, mengkonsumsi 30 mg Saffron setiap hari sama efektifnya dengan fluoxetine, imipramine, dan citalopram, semacam pengobatan konvensional untuk depresi. Kelopak bunga Saffron yang terlihat seperti benang bisa mengurangi gejala depresi ringan hingga sedang yang dialami seseorang. Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian lagi untuk menguatkan argumen tersebut.

3. Memiliki Sifat Melawan Kanker

Saffron kaya akan antioksidan, yang membantu menetralisir radikal bebas berbahaya. Kerusakan radikal bebas telah dikaitkan dengan penyakit kronis, seperti kanker.

4. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Sifat antioksidan pada Saffron dapat menurunkan kolesterol darah, mencegah pembuluh darah dan arteri yang tersumbat.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Saffron juga dipercaya bisa menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.(rls)