Mahasiswa Kukerta Universitas Riau Disambut Baik Masyarakat Desa Kuapan Kampar

Ruslan
141 view
Mahasiswa Kukerta Universitas Riau Disambut Baik Masyarakat Desa Kuapan Kampar
Foto: Fitri Wahida
Mahasiswa kukerta Unri foto bersama dengan aparat TNI-Polri dan perangkat desa.

KAMPAR, datariau.com - Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk pengabdian yang dilakukan mahasiswa kepada masayarakat dan biasanya dilakukan dalam kurun waktu satu bulan bahkan lebih.

Tentunya kegiatan KKN ini juga dilakukan oleh Universitas Riau untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa dengan tujuan mengabdi kepada masyarakat serta menyalurkan berbagai macam program kerja dengan sasaran masyarakat desa tersebut.

Melalui kegiatan KKN ini diharapan bisa memberikan manfaat dan dampak positif bagi desa. Berada dalam kondisi pandemi Covid-19 yang belum usai tentu kegiatan KKN akan berbeda dengan kondisi normal.

Banyak sekali kendala yang harus dihadapi dalam penerapan beberapa program kerja yang sudah di susun oleh peserta KKN dengan sasaran melalui pendekatan bersama masayarakat mengingat adanya larangan berkerumun.

Hari Rabu (07/07/2021) tepatnya di Aula Kantor Desa, Kuapan, mahasiswa Universitas Riau yang terdiri dari 10 anggota yang berasal dari berbagai fakultas yang berbeda dan tergabung dalam satu kelompok mengadakan acara pembukaan KKN Balek Kampung Tahun 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan ketat sesuai yang dianjurkan oleh pemerintah dan peraturan di Desa Kuapan terkait Covid- 19.

Sebelum Terjun langsung ke desa, mahasiswa sudah melakukan vaksinasi Covid-19.

Acara pembukaan ini sebelumnya sudah disusun dan direncanakan oleh peserta KKN Desa Kuapan serta meminta izin dan berkoordinasi dengan perangkat desa setempat terkait acara tersebut.

Dalam pembukaan ini dihadiri langsung oleh kepala desa Kuapan yaitu bapak M. Zen perangkat desa yang terdiri dari 5 dusun yang ada di desa Kuapan, Ketua BPD desa, Serta dihadiri oleh bapak Babhinsa dan Babhinkamtibmas Desa Kuapan dan semua tokoh masyarakat yang menjadi tamu undangan.

Acara pembukaan Kuliah Kerja Nyata Terlaksana pada jam 09.00 WIB yang dipandu oleh Saudari Aulia Rahmi sebagai MC, Acara diawali dengan qiro’at Qur’an yang dibawakan oleh Saudara Belmirho Refza, dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Setelah Itu acara dilanjutkan oleh Sambutan-sambutan, sambutan yang pertama diawali oleh Kepala Desa Kuapan yaitu Bapak M. Zen.

Didalam sambutan Kades tersebut Bapak M. Zen mengatakan, “Saya sebagai Kepala Desa beserta masyarakat Desa Kuapan menyambut baik kedatangan mahasiswa kukerta Universitas Tiau, saya juga akan mendukung segala program yang akan dijalankan oleh mahasiswa kukerta, dan saya berharap agar mahasiswa bisa berbaur dengan masyarakat dan apapun kegiatan yang akan dilakukan tetap mematuhi protokol kesehatan," ujar Kepala Desa Kuapan.

Beliau juga berpesan kepada teman-teman mahasiswa Kuliah Kerja Nyata agar tetap menjaga attitude dan berperilaku sopan santun di desa Kuapan. Selanjutnya kata sambutan oleh ketua BPD desa Kuapan.

Penulis
: Firda Amini
Editor
: Ruslan Efendi
Sumber
: Datariau.com