Tim KKN-DR Plus UIN Suska Riau Kelurahan Air Jamban "Goes to Panti" Bersama Rumah Baca Duri

248 view
Tim KKN-DR Plus UIN Suska Riau Kelurahan Air Jamban "Goes to Panti" Bersama Rumah Baca Duri
Foto: Ist
Tim KKN-DR Plus UIN Suska Riau di Kelurahan Air Jamban "Goes to Panti" Bersama Rumah Baca Duri.

DATARIAU.COM - Dikutip dari laman bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi meluncurkan program “Belajar dari Rumah” sebagai alternatif belajar di tengah pandemi virus korona (Covid-19). 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim ingin memastikan bahwa dalam kondisi darurat seperti sekarang ini masyarakat terus mendapatkan kesempatan untuk melakukan pembelajaran di rumah, salah satunya melalui media televisi. Seiring berjalannya waktu, tak disangka telah 2 pekan berlalu untuk semester ganjil TA. 2020/2021, walaupun pembelajaran masih bersifat "Belajar dari Rumah" siswa-siswi diharapkan mampu mengikuti pembelajaran dengan baik.

Adapun demikian, kami ingin turut mengambil andil dalam mensukseskan program dari Kemendikbud tersebut. Oleh karena itu, kami melakukan kegiatan "Goes to Panti" yang mana dalam kegiatan ini kami menggandeng kakak-kakak dari Rumah Baca Duri untuk membantu mensupport kegiatan ini agar berjalan lancar pada Ahad (26/7/20).

Tim yang beranggotakan 4 orang, yakni Antony Salim, Khotimah Nur Safitri, Rafika Putri dan Winda Sari melakukan kegiatan Goes to Panti di Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Al-Huda, Kelurahan Air Jamban, Kecamatan Mandau, Duri.

Berikut penjelasan dari mereka, Rafika menyebut bahwa kegiatan ini diawali dengan pemberian hand sanitizer dan masker kepada adik-adik agar tetap menjaga protokol kesehatan selama pelaksanaan kegiatan.

Winda menjelaskan acara baru dimulai pada jam 8 pagi, acara ini diawali oleh kata sambutan dari pengurus pondok pesantren dan panti asuhan al-huda yakni bapak Tgk Ade Alamsyah, kemudian divisi konsumsi membagikan air minum dan snack agar adik-adik tidak merasa bosan ketika mendengarkan penyuluhan dari mahasiswa/i Kkn. Selama acara berlangsung adik-adik sangat senang dan bersemangat mengikuti kegiatan dari kami dikarenakan ada bermacam kegiatan yang dilakukan, yakni sharing session dakwah, lalu dilanjutkan baca buku bersama yang difasilitasi oleh Rumah Baca Duri dan terakhir dilakukan games ranking 1 yang sangat asyik dan menghibur adik-adik dipanti tersebut.

Khotimah mengatakan dari adanya pelaksanaan kegiatan seperti ini, membuat adik-adik tidak malas untuk belajar dan membaca buku, baik itu buku pelajaran atau pun buku lainnya. Dengan adanya kegiatan ini, maka kita dapat menumbuhkan semangat literasi kepada adik-adik untuk membaca buku.

Antony menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang urgent dilakukan saat ini, karena selain anak asuh tersebut mendapat support dari kakak-kakak mahasiswa, juga memperoleh ilmu pengetahuan yang baru selama pembelajaran "dirumah saja" ini. (rls)

Penulis
: Rafika Putri
Editor
: Redaksi
Sumber
: datariau.com
Tag: