Kwarran 04 Tualang Gelar Pesta Pramuka Siaga Program Kerja di Bidang Bina Muda

Hermansyah
1.088 view
Kwarran 04 Tualang Gelar Pesta Pramuka Siaga Program Kerja di Bidang Bina Muda
Ketua Kwartir Ranting (Kwarran) 04 Tualang Hj Zahroni MPd.

SIAK, datariau.com - Praja Muda Karana (Pramuka) memiliki arti jiwa muda yang suka berkarya. Dan Pramuka merupakan sebutan dari anggota Gerakan Pramuka yang meliputi seperti Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.

Sama halnya dengan Kwartir Ranting (Kwarran) 04 Tualang melaksanakan Pesta Siaga yang bertempat di halaman Kantor Korwilcam Dikbud Tualang Kabupaten Siak Riau, Selasa (12/11/2019) lalu. Dengan tema Siaga Ceria, Kreatif dan Berkarakter.

Dihadiri Kapolsek Tualang Kompol Pribadi SH diwakilkan oleh Waka Polsek Tualang Iptu Ronny Reduansah dan Danramil Tualang. Peserta Siaga saat itu, di ikut seluruh Gudep yang berpangkalan di SD Negeri maupun Swasta se-Kecamatan Tualang. 

Dibawah Kwartir Cabang (Kwarcab) Siak, Kwartir Ranting (Kwarran)  04 Tualang merupakan organisasi yang mengelola Gerakan Pramuka di tingkat kecamatan saat ini. 

"Pesta Siaga Kwarran 04 Tualang yang dilaksanakan saat itu merupakan program kerja Kwarran 04 Gerakan Pramuka Tualang di Bidang Bina Muda," sebutnya.

Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini, lanjut Zahroni, untuk membina dan meningkatkan kekeluargaan, persaudaraan, pengetahuan, pengalaman serta keterampilan bagi para Pramuka Siaga se-Kwarran Tualang.

Pramuka Siaga juga merupakan sebutan bagi Anggota Pramuka yang berusia antara 7-10 tahun. Dan disebutnya sebagai Pramuka Siaga karena sesuai dengan kiasan (kiasan dasar) masa perjuangan bangsa Indonesia. 

Ketika itu, rakyat Indonesia menyiagakan dirinya untuk mencapai kemerdekaan dengan berdirinya Boedi Oetomo pada tahun 1908 sebagai tonggak awal perjuangan bangsa Indonesia.

Selain itu, kata Zahroni, kegiatan Pesta Siaga ini dapat memberikan motivasi kepada Gugus Depan (Gudep) agar lebih giat menggerakan Gerakan Pramuka di pangkalan masing-masing. 

Karena, menurutnya Pesta Siaga ini dilaksanakan setiap tahun dan di mulai dari Pesta Siaga di Gudep, kemudian di Kwarran, selanjutnya bagi pemenang di Kwarran akan menjadi perwakilan ke tingkat Kwarcab.

"Saya berharap dengan kegiatan rutin Pesta Siaga ini dapat menambah motivasi bagi para peserta dan dapat meningkatkan keterampilan. Dan Pramuka itu, berlatih, menyelesaikan serta mengisi Syarat Kecakapan Umum (SKU) pada Golongan Siaga," jelasnya.

"Mudah-mudahan pada Pesta Siaga tahun ini Kwarran Tualang dapat mempertahankan juara umum di tingkat Kwartir Cabang Siak," harapannya.

Gerakan Pramuka ini di atur menurut golongan atau kelompok usia (umur) seperti halnya kegiatan Pramuka Siaga yang dilaksanakan Kwarran Kecamatan Tualng Kabupaten Siak pada Selasa (12/11/2019) kemarin.

Tentunya, Pramuka Siaga berbeda dengan Pramuka Penggalang dengan usia berkisaran antara 11-15 tahun, Pramuka Penegak dengan usia berkisaran antara 16-20 tahun dan Pramuka Pandega dengan usia antara 21-25 tahun.

Penulis
: Hermansyah
Editor
: Redaksi