Prioritas di Sektor Perdagangan, Syamsuar Resmikan Pasar Rakyat Tualang Perawang Barat Siak

Hermansyah
2.131 view
Prioritas di Sektor Perdagangan, Syamsuar Resmikan Pasar Rakyat Tualang Perawang Barat Siak
Bupati Siak Drs H Syamsuar Msi yang didampingi anggota DPRD Siak yakni Hj Gustimar Spd dan Syamsurijal SH Mkn memegang pita tanda telah diresmikannya Pasar Rakyat Tualang di Kampung Perawang Barat Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, Rabu (7/2/2018) kemarin.

SIAK, datariau.com - Sebagai Prioritas Pemerintah Kabupaten Siak pada Sektor Perdagangan agar dapat mengupayakan pembangunan Pasar Rakyat yang baik disetiap kecamatan di Kabupaten Siak. Dengan keberadaan Pasar Rakyat, tentunya ini sangat berperan penting dalam roda perekonomian, terutama bagi masyarakat atau pedagang itu sendiri.

 

Dengan demikian hal itu disampaikan oleh Bupati Siak dua periode tersebut, Rabu (7/2/2018) kemarin, dalam kegiatan (acara) peresmian Pasar Rakyat Tualang dikilometer 7 Kampung Perawang Barat Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.

 

Turut hadir dalam acara peresmian Pasar Rakyat Tualang tersebut Assisten Pemerintahan dan Kesra Budi Yuwono, Waka Polres Siak Kompol Hariri dan sejumlah pimpinan Organisasi Pejabat Daerah (OPD) di Pemerintahan Kabupaten Siak. Dan beberapa anggota DPRD Siak, Camat Tualang Zalik Effendi Ssos beserta Sekertaris Camat Riko Riyanto SSTP Msi, Upika Tualang, Lurah Perawang Yudha Rajasa SSTP dan seluruh Penghulu dan Kepala Sekolah serta beberapa tokoh masyarakat Kecamatan Tualang dan Organisasi Masyarakat (Ormas) setempat.

 

Lanjut Bupati Siak Drs H Syamsuar Msi sembari mengatakan bahwa Pasar Rakyat berperan dalam menyediakan berbagai bahan kebutuhan pokok masyarakat dan komoditi lainnya. Dan melalui mekanisme transaksi tradisional yakni proses tawar-menawar antara penjual dengan pembeli. 

 

Tambah Syamsuar, adapun hal ini tentunya sangat berbeda dengan Pasar Modern, dimana harga-harga bahan pokok atau produk telah tercantum (tertera) dengan jelas.

 

Kemudian Pasar Rakyar Tualang ini selain terdiri dari  sebanyak 198 unit los dan sebanyak 35 kios, Pasar Rakyat ini juga memiliki fasilitas pendukung lain yang bertujuan untuk mewujudkan rasa nyaman dan aman bagi pengunjung (pembeli) misalnya nanti adanya ketersediaan ruangan menyusui bagi ibu-ibu yang mempunyai Balita dan tersedia mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

 

Dalam penyampainnya, bahwa maju mundurnya (perkembangan) Pasar Rakyat Tualang ini nantinya tentu tergantung tata kelola pasar ini sendiri. "Perkembangan (dampak) dari pasar itu sendiri yakni dapat hidupkan kembali Pasar Rakyat sebagai salah satu primadona ekonomi," kata Syamsuar, Rabu (7/2/2018) kemarin.

 

Bupati Siak Drs H Syamsuar Msi menambahkan, "Selain itu dapat mengembalikan Pasar Rakyat sebagai pemasok utama sumber kebutuhan masyarakat. Pasar Rakyat juga dapat diandalkan sebagai rantai (roda) penjualan serta tempat interaksi sosial ekonomi yang memiliki aspek sejarah, budaya, dan edukasi," pungkasnya.

 

Selanjutnya Bupati Siak Syamsuar berharap sebagai pengelola pasar pakaian Kecamatan Tualang dapat menerapkan manajemen pengelolaan pasar yang baik dan transparan sesuai peruntukannya sebagai Pasar Rakyat, harus terfokus pada peningkatan mutu layanan dan barang berkwalitas yang diperdagangkan. 

 

Diantaranya termasuk ukuran, takaran timbangan dan perlengkapan yang memenuhi standar. Sehingga konsumen memperoleh harga dengan ukuran dan yang takaran sesuai (cocok).

 

Menurut keterangan salah seorang warga Kecamatan Tualang, Rabu (7/2/2018) kemarin. Mengaku bangga dan senang dengan adanya Pasar Rakyat dikilometer 7 Perawang Barat ini. Sebab, sangat kebetulan tidak begitu jauh dari tempat tinggalnya yang sekarang.

 

"Saya pribadi tentunya sangat bangga dan senanglah, sebab Pasar Rakyat ini dekat dengan rumah saya. Niatnya tadi cuma beli satu barang saja, justru jadi belanja banyak," ujar salah seorang warga paruh baya yang berdomisili di Kampung Perawang Barat Kecamatan Tualang saat ini sebut saja Mawar (samaran), Rabu (7/2/2018) kemarin sambil meninggalkan awak media.

Penulis
: Hermansyah
Editor
: Hermansyah
Sumber
: Datariau.com