Komisi III DPRD Minta Dinas Pendidikan Beri Peringatan Sekolah yang Ketahuan Terapkan PTM Full Day

Endi Dwi Setyo
87 view
Komisi III DPRD Minta Dinas Pendidikan Beri Peringatan Sekolah yang Ketahuan Terapkan PTM Full Day
Anggota Komisi III DPRD Pekanbaru, Zulkarnain

PEKANBARU, datariau.com - Anggota Komisi III DPRD Pekanbaru Zulkarnain meminta Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru untuk tidak segan memberikan peringatan kepada sekolah-sekolah yang kedapatan menerapkan pembelajaran tatap muka (PTM) full day. Pasalnya, Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru menemukan adanya belasan sekolah menerapkan jam belajar secara full day.

"Peringatan itu bukan sekali besoknya langsung hukum, tidak. Tapi ada beberapa tahapan seperti peringatan dengan teguran lisan, peringatan dengan tertulis, baru ada sanksi," kata Zulkarnain, Selasa (23/11/2021).

Zulkarnain juga meminta Disdik Kota Pekanbaru agar bisa memberi sanksi yang tegas kepada sekolah yang telah melanggar dan tidak mengindahkan ketentuan jam belajar tatap muka yang dibuat oleh pemerintah.

"Aturan ini bersifat menyeluruh. Bukan bersifat lokal," ujarnya.

Zulkarnain mengimbau kepada seluruh sekolah untuk senantiasa mentaati dan mematuhi aturan yang telah dibuat oleh pemerintah dalam penerapan pembelajaran tatap muka. Meskipun, kondisi penyebaran Covid-19 di Kota Pekanbaru cenderung menurun.

Yang mana, ketentuan kapasitas masuk kelas yang masih dibatasi 50 persen dan jam belajar berdurasi 4 jam.

"Jadi ini tanggungjawab bersama. Jangan ada sekolah swasta yang mengatakan aturan itu hanya buat sekolah negeri. Tapi aturan ini berlaku untuk semua sekolah," terangnya.

Politisi PPP ini mengatakan bahwa aturan dan ketentuan belajar tatap muka yang telah dibuat oleh pemerintah ini bertujuan untuk menghindari terjadinya penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah.

"Keterbatasan itu untuk kebaikan kita bersama. Kebaikan bagi siswa, tenaga pengajar, dan juga masyarakat," pungkasnya. (end)

Penulis
: Endi Dwi Setyo