Kasus Positif Covid di Bengkalis Mulai Menurun

Ruslan
83 view
Kasus Positif Covid di Bengkalis Mulai Menurun
Ilustrasi (Foto: Internet)

BENGKALIS, datariau.com - Meskipun fluktuatif, namun dalam seminggu terakhir, penambahan kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bengkalis, memperlihatkan penurunan.

Jika Selasa 10 Agustus 2021 ini kasus harian bertambah 92 orang, hari ini, 17 Agustus 2021, menurun hampir separuhnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis Ersan Saputra Th menjelaskan, hari ini kasus baru positif Covid-19 di daerah ini hanya bertambah 57 orang.

“Alhamdulillah. Mudah-mudahan kecenderungan penurunan ini terus berkesinambungan," ujarnya.

Untuk itu partisipasi masyarakat untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan, sangat diharapkan.

“Kuncinya memang pada patuh tidaknya pada protokol kesehatan. Semakin taat kita untuk menjalankannya, insya Allah pandemi Covid-19 dapat dikendalikan seminimal mungkin," imbuh Ersan.

Ditambahkan mantan Direktur RSUD Mandau ini, penambahan 57 kasus baru hari ini berasal dari 10 kecamatan.

Yakni, Kecamatan Mandau dan Bengkalis masing-masing 19 orang, serta Pinggir, Bantan, dan Rupat Utara, masing-masing 3 orang.

Sedangkan sisanya 10 orang lagi dari Bathin Solapan, Talang Muandau, Rupat, Bandar Laksamana dan Bukit Batu. Masing-masing 2 orang.

Sedangkan kecamatan yang hari ini nihil penambahan kasus baru terkonfirmasi, Siak Kecil.

Dijelaskannya pula, per 1 s.d. 17 Agustus 2021, 11 kecamatan di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini, seluruhnya terdapat penambahan kasus positif Covid-19.

“Sedangkan untuk desa/kelurahan, jika pada 1 Agustus 2021 hanya 41 yang ada penambahan kasus baru, namun per hari ini, dari 155 desa/kelurahan di daerah ini, yang “bebas Covid-19,” tinggal 27 desa/kelurahan.

“Sedangkan 128 desa/kelurahan lainnya atau 82,58%, selama 1 s.d.17 Agustus ini, sudah terpapar Covid-19," terang Ersan.

27 desa/kelurahan “bebas Covid-19” yang dikatakan Ersan itu adalah, Kelemantan Barat, Palkun, Prapat Tunggal, dan Temeran (Kecamatan Bengkalis).

Kemudian, Kembung Baru, Muntai Barat, Pambang Baru, dan Pa mbang Pesisir (Bantan), serta Bandar Jaya, Liang Banir, Sumber Jaya, dan Sungai Linau (Siak Kecil).

Selanjutnya, Beringin, Koto Pait Beringin, Melibur, Serai Wangi, dan Tasik Tebing Serai (Talang Muandau), Buluh Apo (Pinggir), dan Kesumbo Ampai (Bathin Solapan).

Lalu, Buruk Bakul (Bukit Batu), Dungun Baru, Pergam, dan Sukarjo Mesin (Rupat), serta Hutan Kayu, Puteri Sembilan, Tanjung Medang, dan Titi Akar (Rupat Utara). (ril/ris)