Wisuda Imunisasi Tingkatkan Gairah Masyarakat Lakukan Imunisasi Anak

Datariau.com
267 view
Wisuda Imunisasi Tingkatkan Gairah Masyarakat Lakukan Imunisasi Anak

BAGAN BATU, datariau.com - Kegiatan wisuda imunisasi dalam rangka memperingati hari imunisasi dunia yang dilakukan pihak Puskesmas Balai Jaya pada Rabu (24/4/2019) kemarin mendapat respon positif dari Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hilir.


"Ini baru pertama dan satu- satunya Kecamatan yang melakukan wisuda imunisasi di Rokan Hilir," ungkap Kadiskes Rohil yang disampaikan melalui sekretaris Dinkes H Ahmad Yususf SSos MH saat menghadiri wisuda imunisasi kemarin.


Disampaikan Sekretarus Dinkes H Ahmad bahwa immunisasi dasar lengkap ( IDL ) itu wajib didapatkan oleh setiap anak. Karena itu menyangkut hak bayi/atau anak untuk membangun kekebalan ( immun) di dalam tubuhnya.  


"Dan kita sangat mendukung apa yang sudah dilakukan oleh pihak Puskesmas Balai Jaya ini," kata H Ahmad.


Dan yang menariknya lagi, ungkap H Ahmad, anak-anak yang sudah mendapatkan IDL di Kecamatan Balai Jaya tersebut diwisuda dan diberikan reward atau penghargaan. Dan menurutnya ini merupakan inovasi yang dilakukan Puskesmas Balai Jaya dalam upaya mendorong dan memberikan pemahaman kepada masyarakat terhadap pentingnya imunisasi. 


"Sehingga dengan adanya reward tentu dapat meningkatkan motivasi masyarakat untuk melakukan IDL di puskesmas maupun polindes yang sudah disediakan puskesmas," ungkapnya.


Lebih jauh dalam hal ini, H Ahmad menyampaikan, Pemerintah Rohil melalui dinas kesehatan memberikan apresiasi kepada camat, upika, PKK, UPTD puskesmas dan semua elemen yang ada di Kecamatan Balai Jaya yang selalu bersinergi dalam pembangunan dibidang kesehatan. 


"Ini sangat luar biasa. Dan kedepan, dinas kesehatan berharap agar semua anak tidak ada yang luput untuk di imunisasi dan puskesmas agar selalu melakukan langkah- langkah  positif," pesannya.


Ditekankanya H Ahmad, kepada semua puskesmas agar dapat memberikan imunisasi secara profesional dan untuk terus memantau anak-anak pada saat paska imunisasi dan harus selalu tanggap terhadap semua persoalan sekecil apa pun. 


"Ayo sayangi buah hati anda. Karena anak- anak kita adalah aset yang tak ternilai harganya untuk menentukan kemajuan negeri ini pada mendatang," pungkas H Ahmad sembari mengajak untuk melakukan Imunisasi. (rls)