Waspada! Makan Durian dan Alkohol Secara Bersamaan Bisa Sebabkan Kematian

268 view
Waspada! Makan Durian dan Alkohol Secara Bersamaan Bisa Sebabkan Kematian
Foto: Int
Foto Ilustrasi Buah Durian dan Alkohol.

DATARIAU.COM  - Durian dikenal dengan rasanya yang lezat dan aroma yang khas. Salah satu jenis durian yang populer yaitu montong, karena kerap berukuran besar dengan daging buah yang menggiurkan.

Hal tersebut membuatnya digemari oleh banyak orang. Namun, ada aturan dalam mengonsumsinya. Seperti menghindari perpaduan mengonsumsi durian dan alkohol di waktu bersamaan karena memicu kematian.

"Sebaiknya juga jangan konsumsi durian dan alkohol bersamaan karena durian memiliki zat yang menghambat tubuh mencerna alkohol. Akibatnya bisa bahaya karena memicu serangan jantung hingga kematian," ujar spesialis Gizi Klinis, dr Raisa Edwina Juanda M.Gizi, SpGK dalam acara Hidup Sehat di tvOne, Senin 10 Februari 2020.

Tak hanya itu, sebaiknya juga hindari mengonsumsinya bersamaan dengan kopi. Di dalam durian terdapar zat sulfur yang bersifat menimbulkan gas di tubuh. Sementara, kafein dalam kopi juga memiliki dampak yang sama.

"Sistem pencernaan jadi sulit mencerna keduanya. Dampak kematian atau keracunan belum ada di penelitian tapi balik lagi apakah orang yang mengonsumsinya sudah punya penyakit maag kronis atau jantung dan seberapa banyak durian dan kopi dikonsumsi. Tapi memang sebaiknya dihindari," katanya.

Lebih lanjut, mengonsumsinya akan lebih baik jika langsung dari buahnya. Artinya, tidak dalam bentuk olahan seperti pancake atau bolu durian karena bisa memicu kegemukan akibat konsumsi gula berlebih.

"Di durian sudah ada karbohidratnya. Kalau misal dimakan dengan pancake, ada karbohidratnya juga. Nanti karbohidratnya berubah menjadi gula dan bisa membuat obesitas dan diabetes," terangnya.(*)

Editor
: Ruslan Efendi
Sumber
: https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kesehatan-intim/1199301-ternyata-putih-telur-bisa-cegah-hipertensi-dan-diabetes-sekaligus
Tag:Kesehatan