Pengguna Jalan Kaget! Gabungan Unit Lantas Polsek Tualang Berikan Reward Kepada Pengendara

Hermansyah
128 view
Pengguna Jalan Kaget! Gabungan Unit Lantas Polsek Tualang Berikan Reward Kepada Pengendara
Unit Lantas Polsek Tualang gabungan Dishub dan Satpol PP Tualang berikan reward kepada pengendara yang tertib berlalu lintas.

SIAK, datariau.com - Sabtu (27/11/2021), hari ke-13 pelaksanaan Operasi Zebra Lancang Kuning 2021, Unit Lantas Polsek Tualang menggandeng Dishub dan Satpol PP Kecamatan Tulang, dalam giat pelaksanaan Operasi Zebra Lancang Kuning 2021, tahun ini masih dimasa pandemi covid-19.

Namun tetap meningkatkan kesadaran dan kepatuhan akan tertib berlalu lintas serta kepatuhan tertib mengikuti prokes kepada masyarakat khususnya pengguna jalan agar terus dilaksanakan, yakni dengan kegiatan preemtif, preventif serta penindakan pelanggaran lalu lintas dan penegakan prokes.

Dari pantauan tepat di depan Mapolsek Tualang terlihat para pengendara kaget mengira adanya razia gabungan, ternyata Unit Lantas Polsek Tualang membagikan hadiah (reward), khususnya bagi pengendara yang melintas terpantau tertib memakai helm SNi dan menggunakan masker.

Unit Lantas Polsek Tualang gabungan Dishub bersama Satpol PP, untuk memberikan reward berupa hadiah namun sebaliknya apabila terpantau tidak tertib berlalu lintas maupun melanggar prokes, maka diberikan edukasi tentang keselamatan dan memberikan sanksi teguran tertulis agar tidak mengulangi lagi.

Kapolsek Tualang AKP Alvin Agung Wibawa SIK melalui Panit I Lantas Polsek Tualang Iptu Ramadhan SH MSi mengatakan, bahwa kegiatan ini untuk mengingatkan kembali masyarakat agar selalu mematuhi peraturan lalu lintas, karena dalam berkendaraan harus SIAP baik kondisi fit pengendara, SIAP kendaraan yang layak dan SIAP kelengkapan administrasi surat-surat berkendaraan.

"Kegiatan ini diberikan bagi yang tidak tertib baik dalam berlalu lintas ataupun tidak mematuhi prokes cegah Covid-19, dan memberikan teguran secara edukatif, persuasif dan humamis," jelas Iptu Ramadhan SH MSi.

"Bagi pengendara yang tidak tertib kita juga berikan teguran, kita semua berharap dengan kegiatan ini masyarakat dapat lebih patuh dalam berkendara juga tetap disiplin protokol kesehatan cegah Covid-19. Tentunya memotivasi masyarakat khususnya pengguna jalan agar elalu tertib berlalu lintas dan tertib prokes demi keselamatan dan kesehatan," ucap Panit I Lantas Polsek Tualang selaku Kasatgas Gakkum Operasi Zebra Lancang Kuning 2021.

Dikatakan Ramadhan, tentunya hal ini sangat berperan penting dalam keselamatan pribadi selaku pengguna jalan raya dan tentunya bagi pengguna jalan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, dikawasan tertib lalu lintas (KTL) Kota Industri (Perawang), Panit I Lantas Polsek Tualang Iptu Ramadhan SH MSi, Dishub Kecamatan Tualang beserta Satpol PP Kecamatan Tualang memberikan reward kepada pengendara sepeda motor maupun kendaraan roda empat yang tertib berupa bingkisan.

Ramadhan mengatakan, dimana reward ini diberikan kepada masyarakat yang tertib kendaraan dan administrasi dalam berkendaraan dan taat peraturan protokol kesehatan cegah Covid-19.

"Giat ini dilaksanakan tepat di depan Mapolsek Tualang Jalan Raya Minas-Perawang KM 5 Kelurahan Perawang, personil Unit Lantas Polsek Tualang, Dishub dan Satpol PP membagikan bingkisan berupa masker, dan leaflet pelaksanaan Operasi Zebra Lancang Kuning 2021 kepada masyarakat pengguna jalan," jelasnya.

Dengan giat edukatif dan persuasif serta pemasangan spanduk imbauan keselamatan berlalu lintas khususnya di daerah rawan laka lantas yang telah dilakukan Unit Lantas Polsek Tualang, dan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran serta kepatuhan masyarakat akan pentingnya tertib berlalu lintas dapat menekan angka laka lantas di wilayah Kecamatan Tualang.(man)