Danposal Selatpanjang Silahturahim ke Kantor Polres dan Danramil 02, Perkenalkan Babinpotmar

Ruslan
145 view
Danposal Selatpanjang Silahturahim ke Kantor Polres dan Danramil 02, Perkenalkan Babinpotmar
Foto: Syaputra
Danposal Selatpanjang Letda Laut (S) Jerry Hendra berserta Babinpotmar Posal Selatpanjang, silahturahim ke Kantor Kapolres Meranti dan Kantor Danramil 02/Tebing Tinggi.

MERANTI, datariau.com - Danposal Selatpanjang Letda Laut (S) Jerry Hendra berserta Babinpotmar Posal Selatpanjang, melaksanakan silahturahim ke Kantor Kapolres Meranti dan Kantor Danramil 02/Tebing Tinggi, memperkenalkan keberadaan Babinpotmar wilayah kerja Posal Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Rabu (9/10/2020).

Komandan Letda Laut (S) Jerry Hendra kepada awak media mengatakan, fungsi pembinaan potensi maritim dan bertugas pokok melatih rakyat dalam penyuluhan bidang pertahanan laut serta pengawasan fasilitas dan prasarana pertahanan di pesisir.

“Melatih rakyat dalam penyuluhan bidang pertahanan laut maksudnya membantu negara demi terlaksananya kegiatan komponen cadangan (Komcad) dan komponen dukungan (Komduk),” ucapnya.

Tambahnya lagi, mendukung perencanaan, penyusunan, pengembangan, pengerahan serta pengendalian potensi maritim.

“Memberikan penyuluhan kesadaran bela negara. Memberikan penyuluhan pembangunan di bidang pertahanan dan mendukung kesejahteraanmasyarakat maritim,” ujarnya.

“Melakukan pengawasan fasilitas/ prasarana pertahanan di pesisir. Membina dan mengembangkan potensi maritim baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia (nelayan dan insan maritim lainnya),” ujarnya lagi.

Keberadaan Babinpotmar dijajaran Satuan Komando Wilayah (Satkowil) di seluruh Posal Selatpanjang sangat penting, selain sebagai prajurit terdepan yang bersosialisasi langsung dengan masyarakat maritim di desa pesisir wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti, di wilayah perbatasan dan pulau-pulau kecil terluar, juga memiliki fungsi dan tugas yang penting untuk menentukan dalam pengumpulan data potensi maritim.

"Babinpotmar sebagai ujung tombak TNI Angkatan Laut dalam hal pembinaan masyarakat maritim, desa pesisir maupun dalam pengelolaan industri jasa maritim di wilayah merupakan syarat mutlak bagi keberhasilan pembinaan potensi maritim di masa yang akan datang," tutupnya.

Selanjutnya Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Eko Wimpiyanto SIK menyampikan, “Saya mengucapkan terimakasih atas kedatangan Danposal Selatpanjang, dan telah menyampaikan atas kehadirannya Babinpotmar Posal Selatpanjang semoga kita TNI dan Polri kerja sama dengan Babinkamtibmas Polri supaya mewujudkan lebih bagus kedepannya,” ucapnya.

“Terima kasih telah berkunjung ke Mapolres Kabupaten Meranti, hal ini sangat baik untuk meningkatkan kerja sama, sinergitas dan hubungan baik di dalam mengatasi kesulitan masyarakat khususnya dibidang laut dengan unsur-unsur Polri apalagi dengan adanya wabah Covid-19 seperti sekarang ini,” ucapnya lagi.

Kemudian Danramil 02/Tebing Tinggi Arm. Bismi Tambunan SE mengatakan, Babinsa TNI-AD dan Babinpotmar TNI-AL agar selalu Kordinasi dilapangan dan berbagi Informasi.

“Tugas pokok sebagai unsur pelaksanaan Koramil, Pos TNI AL dan Lanud yang bertugas melaksanakan Pembinaan Teritorial (Binter) di wilayah pedesaan/kelurahan,” ucapnya.(Syaputra)

Tag:Meranti