Babinsa Dipanggil Polisi, Dandim Turun Tangan, Jenderal TNI buat Surat ke Kapolri

Datariau.com
171 view
Babinsa Dipanggil Polisi, Dandim Turun Tangan, Jenderal TNI buat Surat ke Kapolri

DATARIAU.COM - Inspektur Kodam (Irdam) XIII/Merdeka, Brigjen Junior Tumilaar mengirim surat terbuka kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Surat tersebut ditulis sebagai bentuk protes usai seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) dipanggil ke kantor polisi untuk diperiksa.

Pemanggilan itu bermula saat Babinsa tersebut diketahui membela seorang warga yang memiliki konflik lahan dengan PT Ciputra International atau perumahan Citraland.

Hal itulah yang membuat Junior mengaku tak terima karena aksi Babinsa yang membela rakyat kecil justru berujung pemanggilan ke Polresta Manado.

Junior pun kemudian menuliskan sebuah surat terbuka di Kota Manado tertanggal 15 September 2021, yang ditujukan kepada orang nomor satu di organisasi Polri.

Surat yang ditulis oleh Junior dengan tembusan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Staf Angkatan Darat (kasad) Jenderal Andika Perkasa, Kepala Polri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Panglima Kodam Merdeka Mayjen Wanti Waranei Franky Mamahit itupun kemudian viral di media sosial.

Di dalam surat tersebut, orang nomor tiga di Kodam Merdeka itu meminta kepada Kapolri agar Bintara Pembina Desa (Babinsa) tersebut tidak perlu sampai dipanggil ke kantor polisi untuk diperiksa.