Unit Lantas Polsek Tualang Proses Sanksi Tilang Diatas 50 Kasus Setiap Hari

Hermansyah
772 view
Unit Lantas Polsek Tualang Proses Sanksi Tilang Diatas 50 Kasus Setiap Hari
Panit Lantas Polsek Tualang Ipda A Ramadhan MSi saat gelar Operasi Zebra Muara Takus 2019.

SIAK, datariau.com - Operasi Zebra Muara Takus 2019 yang digelar pada 23 Oktober-5 November 2019 dan serentak diseluruh Indonesia. Sama halnya dengan Unit Lantas Polsek Tualang yang menggelar kegiatan itu hingga hari ke-13 ini tercatat hampir 500 kasus pelanggaran.

Menurut Kapolsek Tualang Kompol Pribadi SH melalui Panit Lantas Polsek Tualang Ipda A Ramadhan MSi saat ditemui di kantornya, Senin (4/11/2019) malam. Dia mengatakan setiap harinya Unit Lantas Polsek Tualang keluarkan surat tilang itu rata-rata di atas 50 kasus pelanggaran lalulintas 

"Saat ini belum kita lakukan rekap berapa jumlah atau total surat tilang yang telah kita keluaran hingga hari ini. Namun, dapat diperkirakan kita mengeluarkan surat tilang setiap harinya itu lebih dari 50 kasus, subtotal hingga hari ini berjumlah lebih kurang ada 500 kasus pelanggaran lalulintas," kata Ipda Ramadhan.

Untuk pelanggaran lalulintas selama Operasi Zebra Muara Takus 2019 berlangsung, kata Ramadhan, pelanggar lalulintas didominasi oleh kendaraan roda 2 (sepeda motor), tidak mengenakan helm, tidak membawa surat-surat, melawan arus (jalur) serta berboncengan tiga.

"Pelanggaran lalulintas oleh kendaraan roda 4 itu, rata-rata seperti sim dan rambu," jelasnya.

Sedangkan pada kegiatan Operasi Zebra Muara Takus 2019 beberapa waktu lalu, lanjut Ramadhan, bagi pelanggar lalulintas, selain ditilang juga dikenakan sanksi joget gembira yang dilaksanakan di halaman Mapolsek Tualang. 

"Ada inovasi dari Unit Lantas Polsek Tualang dalam kegiatan Ops Zebra kali ini dengan melaksanakan penegakan hukum dengan bentuk tilang terhadap pelangar lalulintas. Dan selanjutnya kita ajak goyang gembira bersama Stakeholder, TNI/Polri, Dishub, Satpol PP Tualang," terangnya.

Pada kegiatan saat itu, jelas Panit Lantas Polsek Tualang itu mengatakan, bertujuan memberikan edukasi bagi pelanggar lalulintas dengan menjadikan goyang gembira bersama ini, akan menjadi sebuah ingatan dalam momen yang tidak akan terlupakan untuk tidak melakukan pelanggaran dikemudian hari.

"Ini sebagai bentuk upaya dalam menekan atau menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalulintas, sekaligus fatalitas korban lakalantas," imbuhnya.

Selama Operasi Zebra Muara Takus ini, harapannya kepada dan khususnya bagi pengendara mauapun pengemudi untuk selalu tertib dalam berlalulintas dengan mengutamakan keselamatan yang utama dengan cara tetap patuhi peraturan lalulintas yang berlaku.

"Penyesalan akan selalu datang terakhir, jangan anda menjadi korban berikutnya," tutupnya

Penulis
: Hermansyah
Editor
: Redaksi