Usaha Indekos Terpukul Selama Pandemi

Ruslan
92 view
Usaha Indekos Terpukul Selama Pandemi
Foto: Abdul Hadi
Bisnis indekos paling terdampak saat pandemi covid-19.

PEKANBARU, datariau.com - Usaha indekos menjadi salah satu bisnis yang merasa dirugikan pada saat pandemi. Hal ini diakui oleh Atri, pemilik bisnis indekos yang berada di Jalan Garuda Sakti Gang Sepakat. Terlebih, indekos tersebut tidak jauh dari universitas Sultan Syarif Kasim Riau, Rabu (22/9/2021).

Atri menerangkan, sejak awal pandemi 2020, praktis usaha indekos yang ia jalankan minim pemasukan. Hal ini disebabkan oleh mahasiswa yang belajar online dari rumah dan tidak adanya mahasiswa baru yang menyewa indekos.

“Semenjak 2020 awal, Februari gitu. Semenjak mulai perkuliahan di rumah belajar online, sampai sekarang. Mempengaruhilah sama usaha rumah kos ini, karena mahasiswa enggak kuliah jadi kos kosong. Kalau pun berisi itu mereka minta bayar setengah karena meletakkan barangnya,” katanya.

Karena pengaruh dari pandemi, Atri tidak dapat melakukan upaya untuk menghidupkan kembali usaha indekosnya. Ia juga mengaku tidak menemukan bantuan dari pemerintah perihal usaha indekos yang kolaps saat ini.

“Pengaruhnya dari eksternal, dari pandemi. Kalau misal pengaruhnya dari kos-kosan yang enggak bersih atau kurang nyaman itu baru bisa kita yang memperbaiki bagaimana caranya supaya bisa hidup kembali. Tapi kalau pengaruhnya karena pandemikan memang mahasiswa enggak kuliah jadi enggak ada pendapatan. Jadi walaupun dilengkapi dengan wifi atau yang lain, enggak mempengaruhi juga. Paling jadinya alih fungsi untuk rumah bulatan dikontrakkan,” jelasnya.

Atri berharap pandemi segera berakhir sehingga usahanya bisa hidup kembali.“Bisa pulih kembali seperti semula. Aktif perkuliahannya jadi berisi lagi kos. Kalau mahasiswa barukan cari kos-kosan,” ucapnya. (dul)

Penulis
: Abdul Hadi
Editor
: Ruslan Efendi
Sumber
: Datariau.com