Tindakan Tidak Terpuji Aparat dalam Pengawalan Demonstrasi Tuai Kritik

Ruslan
100 view
Tindakan Tidak Terpuji Aparat dalam Pengawalan Demonstrasi Tuai Kritik
Foto: kompas

DATARIAU.COM - Tindakan tidak terpuji salah satu polisi dalam melakukan pengawalan demonstrasi mahasiswa di Tangerang menuai kontroversi. Hal ini mendapat kritik dari salah satu Mahasiswa Universitas Riau (Unri), Nazivah Arini, Kamis (14/10/2021).

Menurut Nazivah, perilaku polisi tersebut tidak mencerminkan kepolisian sebagai institusi yang humanis dalam melayani masyarakat. Terlebih, dilakukan terhadap mahasiswa yang sedang unjuk rasa.

“Ya sampai polisinya itu banting mahasiswa. Itu enggak manusiawikan. Ya kalau dia salah setidaknya jangan pakai kekerasan gitu, apalagi dia mahasiswa,” tuturnya.

Nazivah melanjutkan, meskipun setelah video klarifikasi dari mahasiswa tidak mengalami luka serius, namun polisi sebenarnya dapat melakukan tindakan yang lebih profesional. Ia juga menyayangkan kebijakan polisi yang tanpa pikir panjang tersebut.

“Dari video yang beredar mahasiswanya sampai kejang juga. Walaupun setelah klarifikasi dia cuma bilang sehat-sehat saja.Seharusnya dibicarakan baik-baik. Jangan ngerusuh. Tapi setidaknya jangan dibanting. Ya seharusnya polisi itukan melayani masyarakat. Tapi dia menggunakan kekerasan dalam mengatasi masalah,” terangnya.

Nazivah merasa miris atas kejadian tersebut. Ia juga berharap polisi tersebut mendapat sanksi agar tidak terjadi kejadian serupa di masa depan.

“Ya berharapnya polisi itu bisa mengayomi masyarakat dengan cara yang baik karena polisi yang melakukan itu dibina ya. Setidaknya disanksi gitulah,” tutupnya. (dul)

Penulis
: Abdul Hadi
Editor
: Ruslan Efendi
Sumber
: Datariau.com