Sinyal Smartphone Lemot Saat Hujan? Begini Cara Mengatasinya

Datariau.com
133 view
Sinyal Smartphone Lemot Saat Hujan? Begini Cara Mengatasinya

DATARIAU.COM - Cuaca terkadang dapat mempengaruhi kinerja sinyal smartphone. Paling sering terjadi saat kondisi tengah hujan deras. Meski demikian, banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat jaringan smartphone bisa kembali stabil meski saat hujan, berikut ulasannya, Sabtu (12/12).

1. Aktifkan mode pesawat lalu matikan

Hampir di semua smartphone terbaru, memiliki fitur mode pesawat (airplane mode). Fitur ini biasanya digunakan saat menaiki peawat terbang. Kini, fitur tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk me-restart kembali sinyal smartphone yang terganggu akibat hujan.

Caranya sangat mudah. Pengguna hanya perlu mengaktifkan fitur ini di toogle notification bar yang berlambang pesawat terbang dan diamkan beberapa saat. Setelah itu, airplane mode kembali di nonaktifkan.

3. Buka SIM card tray

Cara mengatasi jaringan lemot saat hujan selanjutnya cukup dengan membuka SIM card. Cara ini bisa digunakan jika masalah jaringan lemot saat hujan belum bisa diatasi.

Buka SIM card tray pada smartphone android kemudian keluarkan SIM card, diamkan beberapa waktu, lalu masukkan kembali dan aktifkan smartphone.

2. Atur pengaturan jaringan

Mengoptimalkan jaringan smartphone saat hujan yang kedua yakni dengan melakukan beberapa konfigurasi pengaturan jaringan. Tak hanya di smartphone Android, cara ini juga bisa dicoba pada iOS.

Caranya, pengguna hanya perlu membuka menu pengaturan (setting) kemudian pilih mobile connections. Setelah masuk ke menu tersebut, pengguna bisa merubah jaringan dari 4G LTE ke 3G untuk mendapatkan kualitas jaringan yang lebih baik.

4. Siapkan provider cadangan

Langkah terakhir untuk memperbaiki kualitas sinyal smartphone saat hujan yakni menyiapkan kartu atau provider cadangan yang berbeda merek.

Ada banyak provider yang menjanjikan kualitas jaringan super ngebut saat ini dan bisa disesuaikan dengan lokasi dimana berada.

Source: Sindonews.com

Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com