Satpol PP Siak Kembali Gelar Sidang Tipiring Pelanggar Prokes di Tualang

Hermansyah
122 view
Satpol PP Siak Kembali Gelar Sidang Tipiring Pelanggar Prokes di Tualang
Kabid Penegak Perundang-undangan Daerah Subandi SSos MSi menyaksikan pelanggar prokes membayarkan dendan/sanksi kepada PPNS Satpol PP Siak di aula kantor Camat Tualang.

SIAK, datariau.com - Satpol PP Kabupaten Siak kembali menggelar sidang tipiring pelanggar protokol kesehatan yang terjaring razia tim yustisi di pasar Tuah Serumpun, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Selasa (21/9/2021) kemaren.

Dimana operasi yang dilakukan tim Yustisi di Kecamatan Tualang setidaknya berhasil menjaring 15 pelanggar tidak mematuhi protokol kesehatan (tidak menggunakan masker).

Ditemui usai sidang tipiring, Kasatpol PP Siak Kaharuddin SSos MSi mengatakan untuk pelanggar protokol kesehatan khususnya Kecamatan Tualang grafiknya saat menurun dari hari-hari sebelumnya.

"Grafik untuk pelanggar prokes di Siak khususnya saat ini memang menurun, dan untuk Kecamatan Tualang sendiri merupakan kecamatan terbanyak (terpadat)," kata Kaharuddin.


"Dari 14 kecamatan se-Kabupaten Siak saat ini memang masyarakat Tualang terbanyak tentunya menjadi perhatian khusus bagi kita untuk tetap melakukan operasi yustisi," jelas Kasatpol PP Siak kepada media ini, Rabu (22/9/2021).

Dikatakan Kaharuddin, operasi yustisi ini tetap kita lakukan sebagai antisipasi penyebaran dan menekan angka penyebaran covid-19 di Kabupaten Siak.

"Operasi yustisi ini tetap dilakukan untuk menjaga kesinambungan agar kita dapat menekan angka penyebaran covid-19 dan dapat kita tekan bersama-sama," ujarnya.

Dengan tetap melakukan operasi yustisi, mudah-mudahan untuk penyebaran covid-19 di Kabupaten Siak semakin hari semakin menurun. Sama halnya saat ini, Siak dan Meranti pada PPKM level-3.

"Dari 12 kabupaten/kota saat ini sudah memasuki level-2, sementara Kabupaten Siak dan Meranti masih di level-3. Mudah-mudahan Siak bisa turun ke level-2 bahkan level-1 juga bahkan zero," harap Kaharuddin.


Kasatpol PP Siak Kaharuddin SSos MSi menghimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan, dengan memakai masker dan tetap menjaga kebersihan.

"Meskipun Kabupaten Siak sudah berada di level-3, kita imbau agar masyarakat tetap mematuhi prokes, dan jangan lengah," ujarnya.

Sementara itu, Kabid Penegak Perundang-undangan Daerah (PPUD) Satpol Siak Subandi SSos MSi mengatakan dari 15 pelanggar protokol kesehatan yang mengikuti sidang tipiring di aula kantor Camat Tualang, diikuti sebanyak 10 pelanggar dan 5 pelanggar lainnya tidak dapat hadir pada sidang ini.

Sedangkan sidang tipiring ini dipimpin langsung oleh Hakim Rina Wahyu Yuliati SH dan Panitera Rully Andrian SSos SH dengan Penyidik Pengawai Negeri Sipil (PPNS) Satpol PP Siak.

"Dari jumlah pelanggar yang mengikuti sidang sebanyak 15 orang, dan yang hadir sebanyak10 orang dengan putusan sanksi atau denda sebesar 50 ribu, dan yang tidak hadir sebanyak 5 orang di putuskan secara verstek dengan membayar denda sebesar 75 ribu," pungkasnya.(*)

Sumber
: Datariau.com