Peringatan HAN di Kampar Meriah, Dirangkai dengan Pelantikan Fakar dan Pemilihan Duta Anak

Admin
156 view
Peringatan HAN di Kampar Meriah, Dirangkai dengan Pelantikan Fakar dan Pemilihan Duta Anak
Bupati Kampar yang diwakili Sekertaris Daerah Kabupaten Kampar H Yusri melantik pengurus Forum Anak Kampar di aula kantor Bupati Kampar, Rabu (1/12/2012) sore. 

BANGKINANG, datariau.com - Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) di Kabupaten Kampar berlangsung cukup meriah karena dirangkai dengan Grand Final Pemilihan Duta Anak Kampar dan pelantikan pengurus Forum Anak Kampar (Fakar) dan Peringatan Hari HIV se-dunia tahun 2021 di aula kantor Bupati Kampar, Rabu (1/12/2021).

Diantara pengurus Forum Anak Kampar yang dilantik yaitu Ketua Umum Aldi Suhendar, Sekretaris Umum Sheila Putri Maharani Sandjoko, Sekretaris I Alya Wahyudi dan Bendahara Umum Riska Devi.

Sementara itu, berkaitan pemilihan Duta Anak Kampar, Nurul Islami asal Kecamatan Kuok dinobatkan sebagai pemenang pertama dalam pemilihan Duta Anak Kampar 2021, disusul pemenang kedua Aldi Suhendar dari Kecamatan Kampar dan pemenang ketiga Alya Wahyudi asal Kecamatan Bangkinang Kota.

Sementara itu, Sheila Putri Maharani Sandjoko dinobatkan sebagai Terbaik Duta Anak Kampar Kategori Pelopor dan Pelapor, Alya Salsabila Kategori Terbaik Kreatif dan Berbakat dan Indah Nirwana Terbaik Kategori Terfavorit.

Acara tersebut dihadiri Bupati Kampar yang diwakili Sekertaris Daerah Kabupaten Kampar H Yusri, Kepala Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Provinsi Riau Hj Hidayatti Effiza, Kepala DPPKBP3A Kabupaten Kampar Edi Afrizal, Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Kampar Juli Mastuti Yusri.

Hadir juga Kepala Bappeda Kampar Ardi Mardiansyah, Kepala Disdukcapil Kampar Muslim, Perwakilan Polres Kampar Kompol Tuliskan, Ketua Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi Riau, sejumlah lembaga masyarakat, lembaga pendidikan dan pengurus Asosiasi Pengusaha Sahabat Anak Indonesia (APSAI) Kabupaten Kampar.

Bupati Kampar melalui Sekda Kampar dalam arahannya usai melantik pengurus Fakar, sekaligus memperingati HAN dan Hari HIV dalam arahannya menyampaikan, melalui peringatan HAN mengajak seluruh elemen meningkatkan kepedulian dan perlindungan lebih untuk anak-anak di Kabupaten Kampar.

Ia menambahkan, anak merupakan potensi yang sangat penting, generasi penerus masa depan bangsa, penentu kualitas sumber daya manusia Indonesia yang akan menjadi pilar utama pembangunan nasional sehingga perlu ditingkatkan kualitasnya dan mendapatkan perlindungan secara sungguh-sungguh.

Bupati menambahkan, peringatan Hari Anak Nasional tahun ini, semakin banyak masyarakat Kabupaten Kampar yang peduli akan pendidikan dan para orang tua dapat memberikan perhatian yang penuh tanggung jawab dan memberikan segala yang terbaik untuk anak-anak.

Yusri juga mengatakan sampai saat ini masih banyak anak-anak yang kurang perhatian dari para orang tuanya dan masih banyak pula para orang tua yang mendambakan anak-anaknya tumbuh dan berkembang menjadi anak yang berbakti bagi bangsa dan agama.

Melalui momentum HAN Bupati Kampae juga mengajak orang tua maupun masyarakat untuk mengajarkan segala kebaikan kepada anak-anak agar kelak mereka menjadi sumber daya manusia yang bermanfaat bagi bangsa dan agama.

"Sebagai generasi penerus dan pewaris maka keberadaan anak-anak kita sangat penting dan harus mendapatkan perhatian yang serius," ujar Yusri.

Lebih lanjut Yusri menyampaikan, dengan memberikan perlindungan kepada anak-anak kita dari hal-hal yang dapat merusak dan mengganggu perkembangan dan pertumbuhan anak. Perlindungan terhadap anak ini bertujuan untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat hidup, tumbuh berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat manusia serta mendapat perlindungan dari kekerasan diskriminasi, demi terwujudnya anak Indonesia yang berkualitas, berakhlak mulia, dan sejahtera.

Pada kesempatan ini Bupati melalui Sekda Kampar menyampaikan perkembangan penyakit HIV/AIDS saat ini dan ia merasa prihatin karena telah HIV/AIDS telah menjangkau usia anak dan remaja. Pergaulan bebas, narkoba serta prilaku hidup yang tidak sehat sehingga mempermudah penularan penyakit tersebut.

"Hari ini, 1 Desember adalah Peringatan Hari HIV AIDS SEDUNIA, mari bersama kita lindungi anak-anak kita di Kabupaten Kampar agar terhindar dari penyakit tersebut," tegasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kepala DPPKBP3A Provinsi Riau Hj Hidayatti Effiza menyampaikan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP-PA) Republik Indonesia secara reguler sejak tahun 2005 bekerja sama dengan Unicef telah mengembangkan kebijakan partisipasi anak sebagai pengejawantahan dari amanah Undang-Undang Perlindungan Anak, khususnya Pasal 4 yang nengatakan bahwa “Setiap anak berhak untuk dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat manusia, serta mendapat perlindungan dari kekerasan Dan diskriminasi”.

Penulis
: Mirdas Aditya
Editor
: Riki
Sumber
: Datariau.com
Tag:Anak