Mushola Al Muqorrobin Jadi Masjid, Bupati HM Adil Bantu Rp 20 Juta Tempat Wudu di Desa Batang Meranti

Ruslan
80 view
Mushola Al Muqorrobin Jadi Masjid, Bupati HM Adil Bantu Rp 20 Juta Tempat Wudu di Desa Batang Meranti
Foto: Syahputra
Bupati Meranti H Muhammad Adil SH hadiri acara peresmian Masjid Al Muqorrobin di Desa Batang Meranti Kecamatan Pulau Merbau bersama Rombongan Pemkab, (02/07/2021).

KEPULAUAN MERANTI, datariau.com - Bertepatan hari Jum'at Bupati Meranti H Muhammad Adil SH hadiri acara peresmian Masjid Al Muqorrobin di Desa Batang Meranti Kecamatan Pulau Merbau bersama Rombongan Pemkab, (02/07/2021).

Turut pendampingi Kabag Hukum Sudandri, PLT Kabag Umum Alfian, PLT Kasat POL-PP Ginting, Kepala Perpustakaan Usni Gamal, Camat Pulau Merbau Atan Ibrahim, Kepala Desa Batang Meranti Firdaus, Kyai NU Marsodik, Ketua MUI Kabupaten Tengku H Mustafa MA Sag, Kadinsos Agus, Sekretaris PU Sayful Bahri, PLT Kabag Kesra Hasan.


Kemudian sebelum acar dimulai dengan membaca lantunan Al-Qur'an oleh pemudi setempat dan dilanjutkan dengan penyampaian laporan masjid oleh Afrizal, kami ucapakan terima kasih banyak kepada Bupati Meranti H Muhammad Adil beserta rombongan telah hadir dalam acara presmian masjid ini, ada beberapa hal yang ingin kami sampaikan proses pembangunan ini atas dasar semangat kita semua dari mushola kini berganti setatus menjadi Masjid AL Muqorrobin Desa Batang Meranti. Kami minta solusi kepada Bupati bagaimana cara mengatasi masalah dan kekurangan disini.

Kemudian sambutan Kepala Desa Batang Meranti Firdaus, perlu saya sampaikan dengan Bupati Meranti H Muhammad Adil SH Masjid Al Muqorrobin letakanya diperbatasan dan keluhan yang ingin kami sampaikan terutama banyak sekali kekurangan disini mungkin bisa dilihat sendiri dan mohon bantuannya dari pemerintah daerah, selanjutnya kami ucapkan ribuan terima kasih.

Selanjutnya sambutan Bupati Meranti H Muhammad Adil SH, kemaren saya pernah sholat Zuhur berjama'ah dan Alhamdulillah hari ini saya datang sudah naik setatus menjadi Masjid, kemudian syarat pendirian masjid harus 40 jama'ah kalau tidak mencukupi maka tidak akan menjadi masjid dan tangung jawab tersebut sangat berat jika tidak dilakukan maka kita akan menanggung dosa.


Kemudian Bupati Meranti H Muhammad Adil menanyakan berapa biaya untuk pembangunan WC dan tempat wudu kepada pengurus Masjid, nantik saya akan bantu sekitar Rp 20 juta dan anggaran tersebut pada ABPD perubahan, nantik bagi masyarakat dipola atau masterplant tata letak WC sebelum dibangun supaya tertata dan rapi. Dan saya mintak nantik jika sudah selesai jangan dibongkar-bongkar lagi karna masih banyak masjid yang akan dibantu juga. Kemudian akan dibantu sajadah sebanyak 6 M.

"Ini jangan dibangun baru lagi pak kalau lapuk baru kita bangun karna ini uang masyarakat, masjid itu tidak menjadi acuan kita tetapi hati dan niat kepada Allah SWT. Info saya sampaikan kepada masyarakat yang hadir hari ini mulai tanggal 1 Agustus akan kita gratiskan brobat tunggu louncing mari kita doakan agar lancar," ungkap H Muhammad Adil SH.

"Untuk 2022 kuliah satu orang akan dibantu SI sebesar 5JT S2 sebesar 25JT dan S3 sebesar 50JT, kita tidak boleh main-main lagi dalam membangun Meranti jadi anak-anak Meranti wajib kuliah, bagi yang kurang mampu akan kita latih dibalai pelatihan di BLK bagi yang tidak mau kuliah," ungkap H Muhammad Adil SH.

"Semua pengurus imam masjid, mushola, Khotib, Badal, guru ngaji akan kita gaji sebesar Rp.200.000, juga akan kita bantu beras, ikan, sayur dan lainya, kemudian yang punya anak yatim akan kita bantu Rp.200.000 karna APBD kita minim, untuk guru Madrasah, Sanawiah dan Aliah akan kita gaji Rp.900.00, kemudian anak-anak kita wajib setiap magrib di Masjid dan Muhsola dan ngaji berjamaah dan sholat, karna Meranti cerdas itu tidak hanya membaca buku tapi juga baca Al-quran, kenapa ini dilakukan agar Meranti menjadi negri yang berkah," ungkap H Muhammad Adil SH.

Kemudian Bupati Meranti H Muhammad Adil SH memberikan waktu bertanya kepada masyarakat yang hadir tersebut, salah satu warga menanyakan apakah kuliah diluar negri apakah juga gratis, lalu Bupati menjawab hal tersebut juga gratis akan di tangung asalkan berprestasi.

"Kemudian bagi warga Pulau Merbau yang ingin menjadi dokter silahkan saya gratiskan kuliahnya, jika nantiknya dia sudah lulus akan dikerjakan di puskesmas masing-masing, jadi bagi yang mau silahkan daftar agar ada kemajuan bagi Kabupaten Kepulauan Meranti, apa yang sampaikan tadi itu benar-benar dan saya tidak main-main, itu sajalah yang bisa yang sampaikan kalau ada salah kata dan ucapan yang kurang menyenangkan saya mohon maaf kepada semuanya masyarakat yang hadir disini," pungkas H Muhammad Adil SH.

Kemudian Bupati Meranti H Muhammad Adil SH langsung meresmikan Masjid Al Muqorrobin Desa Batang Meranti menjadi Masjid dan acara tersebut di akhiri dengan Do'a bersama oleh Ketua MUI Tengku H Mustafa. (*)

Penulis
: Syahputra
Sumber
: Datariau.com