Medan Sering Banjir, Bobby Belum Puas Kinerja Dinas PU

Admin
263 view
Medan Sering Banjir, Bobby Belum Puas Kinerja Dinas PU
Ilustrasi (Foto: Internet)

DATARIAU.COM - Wali Kota Medan Bobby Nasution meminta seluruh jajarannya untuk membenahi 281 km dari total 1.800 km drainase di Kota Medan secara jelas dan terukur.

Pasalnya, banjir di sejumlah titik di Kota Medan banyak disebabkan saluran drainase yang buruk.

"Artinya, perbaikan drainase harus diawali rencana teknis yang baik, dan baru diikuti pembangunan fisik. Bukan seperti kondisi saat ini, tidak jelas arah dan tujuan airnya mengalir," kata Bobby Nasution, Jumat (18/6/2021).

Bobby mengaku belum puas atas kinerja Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan maupun para petugas penanganan prasarana dan sarana umum (P3SU) dalam menormalisasi drainase di Kota Medan sepanjang 281 km.

Bobby berharap instansi tersebut berbuat lebih lagi, sehingga persoalan banjir maupun genangan air yang selalu dikeluhkan warga setempat, terutama disebabkan saluran drainase bisa teratasi.

Sebelum melakukan normalisasi, dinas terkait diminta untuk melakukan kajian serta perencanaan teknis.

"Saat ini air jadinya seperti galau, karena nggak bisa ke mana-mana. Saya minta tahun ini, pengerjaan drainase harus dievaluasi dengan sebaik-baiknya. Lakukan terlebih dahulu kajian, dan perencanaan teknis sebaik mungkin," ujarnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Medan, Zulfansyah Ali Saputra mengatakan segera menindaklanjuti keinginan Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam menormalisasi drainase yang menjadi penyebab permasalahan banjir di wilayah setempat.

"Termasuk menghilangkan 500 titik genangan air setiap kali hujan deras turun. Sebanyak 50 titik, di antaranya telah dinormalisasi, 450 titik sisanya akan dituntaskan secara bertahap," ujarnya.

Source: inews.id