Masyarakat Sayangkan Rumah Dinas Camat Basira Kosong Tak Ditempati

Admin
723 view
Masyarakat Sayangkan Rumah Dinas Camat Basira Kosong Tak Ditempati
Foto: Abdul Rasid
Rumah Dinas Camat Basira tampak kosong tidak ditempati, Selasa (24/1/2023).

ROHIL, datariau.com - Rumah Dinas Camat Bagan Sinembah Raya (Basira) yang berada di Kepenghuluan Makmur Jaya, Kecamatan Bagan Sinembah Raya, Kabupaten Rokan Hilir sejak camat dilantik hingga sekarang rumah dinas Camat tersebut tak pernah dihuni, baik siang maupun malam harinya.

Rumah dinas Camat Bagan Sinembah Raya yang letaknya bersebelahan dengan kantor camat tampak tak berpenghuni alias sepi dan lengang.

Terkait hal itu, Camat Basira, Bajuri saat dijumpai datariau.com pada Selasa (24/1/2023) di ruang kerjanya mengakui dirinya tidak menempati rumah dinas tersebut dan tetap bertempat tinggal di kediamannya selama ini di Prumnas Bagan Batu, Kecamatan Bagan Sinembah, dengan alasan tak ingin meninggalkan masyarakat di sekitar rumahnya itu.

"Sayang rasanya meninggalkan masyarakat tempat saya tinggal, dulu saya pernah tugas di Bagansiapiapi puluhan tahun, ini saatnya bisa berbaur dan bermasyarakat di tempat tinggal saya," jelas camat.

Selain itu, camat juga menjelaskan bahwa hanya tinggal 2 tahun lagi masa purna bakti dirinya sebagai PNS yang menjabat Camat di Kecamatan Basira, alasan itulah yang mengkuatkan dirinya untuk tidak pindah dan menempati rumah dinas Camat yang telah dibangun Pemkab Rohil, terhitung sejak dirinya dilantik yang kemudian disumpah jabatan untuk setia dan siap ditempatkan di tempat bertugas .

"Inilah kepingin hidup saya perbaiki bermasyarakat di situ, Alhamdulillah, apapun aktivitas di sana di tempat saya tinggal di Perumnas, termasuk saya aktif juga di sebuah masjid tempat tinggal saya. Jadi sudah saya pupuk seperti ini, saya jaga kemasyarakatan di sana, boleh ditanya peran saya macam mana di situ. Termasuk ada sekolah TK itu pengawasan saya juga," jelas camat.

Menurut camat, jika dirinya pindah ke mes camat Basira sekarang tentu pikiran dia terbagi dua. "Jadi saya pikir aktivitas saya seperti itu, pindahlah ke sini Mes Camat Basira, bisa saya rasa pindah ke sini, tapi ya terbagi dua. Kemudian saya tidak lama lagi menjabat, paling lama dua tahun habis maka itu saya perlu berbaur dengan masyarakat tempat tinggal saya," ungkapnya.

Camat juga membantah, kalau pelayanan kepada masyarakat terganggu, selama ini pelayanan tetap lancar, semua kegiatan dia hadiri.

"Saya memang tidak tinggal di sini, tapi semua aktivitas dan pelayanan kepada masyarakat, serta ada undangan dihadiri. Bahkan, kalau ada kegiatan dibuat di mes camat. Selama ini belum ada keluhan dari tokoh dan masyarakat," ujarnya.

Terpisah, tokoh masyarakat Kecamatan Basira Andreas P Manurung saat dimintai pendapatnya terkait dengan hal tersebut dikatakanya, apapun itu alasanya sangat tidak tepat, jangankan 2 tahun, yang setahun saja wajib bagi camat menepati rumah dinas.

"Harapan kami dari masyarakat seandainya Camat dapatlah menempati rumah tersebut, tentunya kami selaku masyarakat bisa dapat lebih diperhatikan. Sudah sepatutnya orang yang merasa kami tuakan di tengah-tengah masyarakat Basira seperti Camat dapat berbaur dengan masyarakatnya itu sendiri," pintanya.

"Hal ini menjadi kesan tersendiri bagi kami masyarakat Basira, kehadiran pemimpin yang arif dan bijaksana tanpa memandang suku, ras dan agama. Mengingat di Kecamatan Basira ini khususnya memiliki keyakinan yang berbeda-beda agama namun tetap bersatu dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika," pintanya.

Menurutnya, sebagai masyarakat Basira, ingin agar camat tinggal berdiam rumah yang sudah disediakan oleh Pemerintah. Supaya kalau ada sesuatu masyarakat bisa mudah berhubungan dengan pak camat di rumah dinasnya.

"Bagimana camat mengatahui keberadaan masyarakatnya kalau tidak berdiam di mes camat.

Kita sangat kecewa camat baru ini, ketimbang pak Camat dulu, dia ada di sini dan Rumah Dinas Camat ditempati," katanya membandingkan.

"Kadang kala kalau waktu camat dulu pak Yusuf kami diundang tokoh-tokoh masyarakat di mes camat, kami sering di situ bincang-bincang terkait apa permasalah di masyarakat dan pembangunan kecamatan. Bahkan dulu ada perjudian ikan, pak camat dia sangat respon, terkait masalah jalan rusak di Basira dan lainya, karena dia duduk tinggal di mes camat ini," bebernya.

JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)