Kemkominfo: Penghentian TV Analog Tak Jadi 17 Agustus 2021

Admin
269 view
Kemkominfo: Penghentian TV Analog Tak Jadi 17 Agustus 2021

DATARIAU.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) tidak jadi mematikan siaran TV analog atau Analog Switch Off (ASO) pada 17 Agustus 2021.

Ismail, Plt. Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemkominfo mengungkapkan bahwa ada beberapa alasan yang mendasarinya penundaan penghentian siaran TV analog tersebut.

Dalam konferensi pers pada Jumat (6/8/2021) sore, Ismail mengatakan alasan pertama adalah karena saat ini, fokus pemerintah dan seluruh elemen masyarakat adalah penanganan dan pemulihan kondisi pandemi Covid-19.

"Kami juga menerima banyak masukan dari berbagai elemen publik dan masyarakat yang menyarankan agar proses ASO tahap pertama ini tidak dilakukan tanggal 17 Agustus 2021," kata Ismail.

Selain itu, Kemkominfo menyebut bahwa mereka telah melakukan evaluasi terhadap berbagai kesiapan teknis para stakeholder terkait untuk melakukan migrasi siaran ke televisi digital.

"Masih diperlukan tahapan-tahapan persiapan lebih lanjut," ujarnya.

Ismail pun mengungkapkan bahwa nantinya, mereka akan melakukan perubahan atau revisi terhadap Peraturan Menteri Kominfo Nomor 6 tahun 2021 tentang pelaksanaan ASO.

"Akan kami umumkan secepatnya," kata Ismail.

Sebelumnya, Henri Subiakto, Staf Ahli Hukum Kemkominfo mengatakan bahwa dalam Undang-Undang nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja disebutkan, analog switch off harus diselesaikan paling lambat dua tahun setelah undang-undang tersebut diundangkan

"Akhirnya tanggal 22 November 2022 besok, analog switch off harus kita lakukan," kata Henri dalam kesempatan yang berbeda.

Henri pun mengatakan bahwa digitalisasi televisi bukan sekadar bukan sekadar mengubah teknologi yang dulunya analog menjadi digital, meski tak bisa dipungkiri ada perubahan di sana.

"TV kita nanti akan semakin cerah, semakin bersih, tidak ada semutnya. Betul-betul cerah sekali, tetapi bukan hanya itu," kata Henri.