Dianggap Bergaya Hidup Mewah, Kapolres Labuhanbatu Dipecat dari Jabatannya

Kakak Indra Purnama
373 view
Dianggap Bergaya Hidup Mewah, Kapolres Labuhanbatu Dipecat dari Jabatannya
Gambar: Suara.com

DATARIAU.COM - Setelah Kapolres Tebing Tinggi, kini Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan juga dicopot dari jabatannya karena dianggap bergaya hidup mewah.

"Kami melaksanakan perintah Bapak Kapolri bahwa seorang pimpinan harus jadi teladan dan memberikan contoh kepada anak buah, termasuk melakukan pengawasan terhadap semua kegiatan anggota dan keluarganya," kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi, Selasa (2/11/2021).

Hadi pun tidak menerangkan secara rinci gaya hidup mewah seperti apa yang dimaksud.

Namun, yang jelas, Deni dicopot dikarenakan melanggar Perkap No 10 Tahun 2017 tentang Kepemilikan Barang yang Tergolong Mewah oleh Pegawai Negeri Polri.

"Itu tentang perintah atau petunjuk bagaimana anggota Polri dan keluarga Polri untuk tidak bergaya hidup mewah, untuk tidak menampilkan gaya hidup mewah. Enggaklah (pamer uang), tapi yang jelas terkait dengan itu, Perkap No 10," katanya.

Diketahui sebelumnya diberitakan, Kapolres Tebing Tinggi, Sumatera Utara (Sumut), AKBP Agus Sugiyarso dicopot dari jabatannya lantaran video viral istrinya pamer duit arisan di TikTok.

Kapolda Sumut Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak menyebut, langkah tersebut diambil guna menindaklanjuti perintah Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo, bahwa setiap anggota Polri agar hati-hati dan waspada terhadap penggunaan sarana media sosial, khususnya gambar yang menampilkan kegiatan yang bisa menimbulkan persepsi hedonisme.

"Tetapi, hari ini sebagai tanggung jawab suaminya. Kapolres saya tarik ke polda dalam rangka evaluasi dan baru saja saya serah terima jabatan. Nanti kita akan tunjuk pelaksana tugasnya," kata Panca saat ditemui usai rapat bersama semua kapolres se-Sumut di Aula Tribrata, Mapolda Sumut, Senin (1/11/2021) malam. (*)

Sourch: Kompas.com

Kirim berita, hak jawab, laporan: 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)