Bupati HM Adil Paparkan Masalah di Meranti dalam Vidcon Rencana Aksi Pengembangan SDM Tahun 2022

Ruslan
44 view
Bupati HM Adil Paparkan Masalah di Meranti dalam Vidcon Rencana Aksi Pengembangan SDM Tahun 2022
Foto: Syahputra

KEPULAUAN MERANTI, datariau.com - Bupati Meranti H Muhammad Adil SH dan Wakil Bupati H Asmar ikuti Vidcon Pemaparan Rencana Aksi Pengembangan Sumber Daya Manusia Tahun 2022 sampai dengan 2024 di Rumah Dinas Kabupaten Kepulauan Meranti Jalan Dorak, Kamis (22/07/2021).

Pada kesempatan itu Bupati Meranti H Muhammad Adil SH didampingi Wakil Bupati H Asmar dalam acara "meeting zoom" pemaparan Aksi tersebut di moderator dan coach oleh Drs Dodi Riyadmadji MM selaku Widyaiswara Alhi Utama Kemendagri dan Dr Dra Hj Erliank Budi Lestari MSI selaku Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Kepamongprajaan dan Manajamen Kepemimpinan BPSDM Kemendagri selaku pembahas.

Pada kesempatan itu moderator memberikan kesempatan untuk Bupati Meranti H Muhammad Adil untuk memaparkan kondisi yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti tersebut. Kemudian H Muhammad Adil SH menjelaskan sekilas tentang Meranti bahwa, Sebelumnya, izinkan saya untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu Saya H Muhammad Adil, SH Bupati Kepulauan Meranti Lahir di Alah Air, Kabupaten Kepulauan Meranti pada tangeal 18 April 1972, Agama Islam, Alamat: J1. Pelajar No. 17RT 001 RW 004 Kelurahan Alah Air, Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti Riau, Riwayat pekerjaan saya sebelum menjabat sebagai Bupati Kepulauan Meranti adalah menjadi Anggota DPRD Provinsi Riau sejak periode tahun 2014- 2019 dan berlanjut di periode tahun 2019-2024. Sebelumnya, saya menjadi Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Bengkalis yang kemudian dimekarkan menjadi Kabupaten Kepulauan Meranti pada periode 2009 hingga 2014. Sekian perkenalan dari saya dan mari kita lanjutkan ke pemaparan.

Kemudian Bupati Meranti H Muhammad Adil SH menjelaskan peta Kabupaten Kepulauan Meranti bahwa Seperti yang dapat kita lihat bersama, Kabupaten Kepulauan Meranti merupakan daerah kepulauan yang terdiri dari 4 pulau besar dan 8 pulau kecil. Kabupaten Kepulauan Meranti berbatasan dengan Kabupaten Bengkalis dan Selat Malaka di sebelah utara. Berbatasan dengan Kabupaten Karimun (Provinsi Kepulauan Riau) di sebelah timur. Berbatasan dengan Kabupaten Siak dan Kabupaten Pelalawan di sebelah selatan. Dan berbatasan dengan Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Siak di sebelah barat.

Luas seluruh wilayah Kepulauan Meranti adalah 6.920,26 kilometer persegi. Dengan wilayah daratan, kurang lebih, 3.714,19 kilometer persegi dan wilayah lautan, kurang lebih, 3.206,07 kilometer persegi Kabupaten Kepulauan Meranti terdiri dari 9 kecamatan dan 101 desa/kelurahan. Jumlah total penduduk Kepulauan Meranti pada tahun 2020 adalah 206.166 yang terdiri dari 106.502 jiwa laki-laki dan 99.614 jiwa perempuan. Kepadatan jiwa per kilometer persegi adalah 55,59 Memasuki pembahasan. Mari kita mulai dengan permasalahan yang dihadapi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti terkait SDM Aparaturnya. Tiga masalah utama yang dihadapi oleh Kabupaten Kepulauan Meranti adalah masih minimnya pagu anggaran terkait kegiatan pengembangan SDM.

Jumlah PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti pada tahun 2020 adalah 3.056 orang. Dari segi pendidikan, 99,05% PNS tersebut

memiliki pendidikan SMA ke atas. Seperti tertera dalam paparan :

1. Lulusan SD-6 Orang

2. Lulusan SMP/Sederajat- 17 0rang

3. Lulusan SMA/Sederajat 458 Orang

4. Lulusan Diploma 1, 1/Akta I, II -332 Orang

5. Lulusan Diploma lll/Akta Il/Sarjana Muda-308 Orang

6. Lulusan S-1/Tingkat Sarjana- 1.794 Orang

7. Lulusan S-2/Doktor- 138 Orang, dan

8. Lulusan S-3/Ph.D-3 Orang

Semuanya terbagi ke dalam 34 Organisasi Perangkat Daerah (OPD)

Tujuan dilaksanakannya Program Pengembangan SDM dalam menunjang penyelenggaraan pemerintah daerah selama masa jabatan kepemimpinan kepala daerah ini adalah untuk meningkatkan kualitas SDM, yakni aparatur melalui pendidikan dan pelatihan agar tercipta SDM Aparatur yang berkualitas

1. Peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia

2. Peningkatan perilaku pelayanan publik yang

cepat, transparan, akuntabilitas dan responsive

3. Penyederhanaan pelayanan birokrasi dapat meningkatkan produktivitas di dalam pekerjaan

4. Meningkatkan loyalitas dan kerjasama antar pegawai dalam mencapai tujuan bersama.

5. Untuk memenuhi syarat-syarat jabatan pada instansi

Berikut adalah analisis permasalahan berdasarkan SWOT, Dari analisis permasalahan maka dapat diambil rumusan isu-isu strategis Pengembangan SDM berdasarkan hasil analisis lingkungan strategis sebagai dasar merumuskan kebutuhan program, kegiatan dan sub kegiatan pengembangan SDM :

a. Perlu Meningkatkan kompetensi dan kapasitas PNS

b. Perlu Melakukan koordinasi dan kerjasama dengan pihak Lembaga

Penyelenggara Diklat atau instansi lainnya dalam rangka meningkatkan kompetensi ASN.

c. Perlu Melaksanakan diklat secara kontribusi dengan pihak Lembaga Penyelenggara Diklat.

d. Perlu Menerapkan teknologi informasi dalam Pengembangan SDM 19 secara digitalisasi.

e. Perlu Merekrut dan menempatkan PNS sesuai dengan kualifikasi pendidikan dan pelatihan sesuai dengan tugas dan fungsi

f. Perlu Melakukan distribusi anggaran tentang Program Pengembangan SDM secara efektif, produktif, terarah, merata, dan akuntable (dapat dipertanggungjawabkan) pada setiap OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti

Berikut adalah Rencana Aksi yang kami rumuskan dalam Program, Kegiatan, Sub-Kegiatan untuk Tahun Anggaran 2022 sampai dengan 2024 Program Pengembangan SDM kegiatan Sertifikasi, Kelembagaan, Pengembangan Kompetensi Manajerial dan Fungsional Sub bagian Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi bagi

Pimpinan Daerah, Jabatan Pimpinan Tinggi, Jabatan Fungsional, Kepemimpinan dan Prajabatan Pagu anggaran : 2022-2.119.201.000, 2023- 2.331.121.100, 2024-2.564.233.210

Indikator : Jumlah ASN Yang Mengikuti Pelatihan Kepemimpinan, CPNS Yang Mengikuti Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)/Prajabatan target 100 Orang, Program Kepegawaian Daerah Kegiatan Pengembangan Kompetensi ASN Sub kegiatan Pengelolaan Pendidikan Lanjutan ASN pagu anggaran 2022-5.229.400.000, 2023 -5.752.340.000, 2024-6.327.574.000 Indikator Jumlah ASN Yang Menerima Bantuan Tugas Belajar dan Ikatan Dinas.

"Begitulah beberapa data yang jelaskan tentang sekilas permasalahan yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti, mohon sekiranya bapak/ibu dapat mengetahui serta memberikan solusi untuk Kabupaten kita ini agar tidak menjadi negri yang tertinggal," pungkasnya. (put)

Penulis
: Syahputra
Editor
: Ruslan Efendi
Sumber
: Datariau.com