BBI/BBWI dan Lancang Kuning Carnival Bakal Dihadiri Menteri

piddini
158 view
BBI/BBWI dan Lancang Kuning Carnival Bakal Dihadiri Menteri
Foto : Halloriau.com
SF HARIYANTO
DATARIAU.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau siap untuk melaksakan Gebyar Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI)/Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) dan Lancang Kuning Carnival 2024. Kegiatan ini akan dipusatkan di halaman Kantor Gubernur Riau mulai 3-5 Mei 2024.

Pj Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto mengatakan, setelah sukses melaksanakan kegiatan BBI/BBWI tahun 2023 lalu. Tahun ini Pemprov Riau kembali dipercaya untuk melaksakan kegiatan serupa. Namun, agar lebih menarik, Pemprov Riau tahun ini mengemasnya dengan kegiatan Lancang Kuning Carnival 2024. Dikutip dari laman riaupos.co.

“Kegiatan ini dibuat sebagai bentuk pemilihan ekonomi setelah pandemi Covid-19. Karena itu dibuat gerakan cinta produk Indonesia dan berwisata di Indonesia. Tahun lalu, dari kegiatan ini berhasil mencatatkan transaksi mencapai Rp63 miliar. Berdasarkan kesuksesan itu, tahun ini Pemprov Riau kembali dipercaya melaksakan kegiatan serupa,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, karena dikemas dengan Lancang Kuning Carnival 2024, selain menampilkan pameran produk UMKM. Pada kegiatan BBI/BBWI tahun ini juga akan ditampilkan tarian rentak Melayu dengan melibatkan 10 ribu penari. Tarian ini juga akan memecahkan rekor MURI. “Selain ingin memecahkan rekor MURI, kami juga ingin lebih memperkenalkan kebudayaan Melayu. Kemudian juga akan ada fashion show yang menampilkan pakaian-pakaian Melayu yang sudah dimodifikasi baik oleh desainer lokal Riau maupun nasional,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Riau Roni Rachmat mengatakan, kegiatan BBI/BBWI Lancang Kuning Carnival 2024 akan dimulai pada Jumat (3/5) pukul 14.00 WIB. Dimulai dengan pembukaan bazar dan pawai budaya.

“Pada malam harinya baru akan dilakukan opening ceremoni yang In Sya Allah dihadiri Menteri Dalam Negeri, Menteri Perhubungan dan Menko Marves. Setelah opening ceremoni baru dilanjutkan dengan tarian rentak Melayu,” sebutnya.

Dijelaskan Roni, setelah malam opening ceremoni, keesokan harinya juga akan tetap ada kegiatan. Di mana pihaknya telah menyiapkan 42 grup musik, baik lokal maupun masional, dan juga beberapa artis. “Pada malam opening ceremoni juga akan ada pengambilan Band Gigi. Kami ajak masyarakat untuk ikut meramaikan ivent ini,” ajaknya.***

JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)