Renovasi Masjid Al Muhajirin Diduga Tak Transparan, Pengurus: Sudah Disampaikan Kepada Warga

Hermansyah
963 view
Renovasi Masjid Al Muhajirin Diduga Tak Transparan, Pengurus: Sudah Disampaikan Kepada Warga
Keterangan: Foto yang di ambil, Sabtu (3/8/2019) sekira pukul 16.00 WIB.

SIAK, datariau.com - Pemeliharaan Masjid Al Muhajirin Kelurahan Perawang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak Riau diduga tak transparan. Terbukti dengan tidak terlihatnya plang proyek di lokasi tersebut.

Selanjutnya awak media ini bersama rekan, Sabtu (3/8/2019) kemarin, mencoba untuk mempertanyakan perihal itu kepada seseorang yang berada di lokasi tersebut, dan mengaku sebagai pengurus Masjid Al Muhajirin saat ini.

"Iya, saya juga pengurus masjid ini, rehab ini kemarin ada dua, dari provinsi dan sekarang dari Pemda Siak. Rehab ini sudah berjalan kurang lebih 1 bulan, kemarin ada plangnya dibawa kesini, kebetulan saya tidak ditempat dan dibawa lagi kesana (Masjid Baitu Ridha). Cobalah lihat kesana mungkin sekarang disana," katanya.

Kemudian ditanya perihal pemeliharaan (rehab) masjid ini melalui Satuan Kerja Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Tarukim) Kabupaten Siak. Ia pun mengatakan telah disampaikan ke masyarakat maupun jama'ah. 

"Plangnya mau dipasang, kalau nama kontraktornya saya lupa. Kita tetap transparan setiap kali kita sampaikan kepada jama'ah," jelas Pengurus Masjid Muhajirin Kelurahan Perawang itu diketahui berinisial (Ng) kepada awak media ini, Sabtu (3/8/2019) kemarin.

Sementara itu salah seorang masyarakat di lingkungan setempat atau wilayah Masjid Muhajirin menyebutkan, setiap kali melaksanakan shalat Jumat pengurus hanya menyampaikan besaran infak atau pendapatan maupun sumbangan lainnya.

"Kayaknya enggak sih om, cuma bilang infak warga aja om, sepertinya enggak om, mereka biasanya cuma nyebutin pendapatan, pengeluaran dan sisa kas aja om," terang warga tersebut enggan namanya disebutkan kepada awak media ini, Senin (5/8/2019) malam.

Diketahui sebelumnya melalui LPSE Kabupaten Siak, pemeliharaan Masjid Al Muhajirin Kelurahan Perawang itu merupakan kategori pekerjaan konstruksi instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Siak dengan Satuan Kerja Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman buka lelang dengan pagu dana sebesar Rp425.000.000,00.

Sedangkan HPS sebesar Rp424.472.869,64, yang saat ini menangkan (dikerjakan) oleh kontraktor pemenang CV Arsindo yang beralamat di Jalan Kuansing No.194 RT003/RW007 Maharatu Marpoyan Damai Kota Pekanbaru dengan nilai kontrak sebesar Rp388.771.043.63.

Setelah sebelumnya di konfirmasi awak media ini bersama rekan, Sabtu (3/8/2019) kemarin, kepada salah seorang pengurus Masjid Al Muhajirin saat itu. Hari ini, Senin (5/8/2019) plang proyek pun baru terlihat terpasang dan tergantung dibatas sela-sela kusen atap masjid.

Maksud dan tujuan dengan terpajangnya plang proyek tersebut, agar masyarakat maupun jamaah setempat mengetahui dengan adanya transparansi asal usul anggaran pemeliharaan Masjid Al Muhajirin saat ini. 

Selain itu, CV Arsindo ini diketahui menang atas dua paket pemeliharaan masjid di Perawang Kecamatan Tualang yang masing-masing di antaranya, Masjid Raya Baitu Ridha di km 10 Perawang Barat sebesar Rp656.201.114,81 dan Masjid Al Muhajirin di Kelurahan Perawang sebesar Rp388.771.043,63.

Hingga berita ini tayang dilaman datariau.com, Selasa (6/8/2019) malam. Awak media ini belum dapat dimintai keterangan lebih lanjut kepada dinas terkait maupun pihak kontraktor sebagai pemenang proyek pemeliharaan Masjid Al Muhajirin tersebut.

Editor
: Hermansyah
Sumber
: Datariau.com