Kopassus Dilibatkan untuk Perangi Corona

854 view
Kopassus Dilibatkan untuk Perangi Corona
Ilustrasi (Foto: Int)

DATARIAU.COM - Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI turut berperan aktif mengatasi pandemi virus corona atau Covid-19 di Indonesia. Korps Baret Merah ini telah mengambil sejumlah tindakan demi memutus mata rantai penyebaran virus mematikan tersebut.

Sebagai bentuk keterlibatan memerangi corona, Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa langsung membentuk Satgas Penanggulangan Covid-19. Satuan tugas ini telah bekerja sejak Rabu (25/3/2020) lalu.

"Sebagai langkah awal, Satgas melaksanakan pendataan dari rumah ke rumah untuk mengetahui riwayat dari masing-masing warga sehingga dapat dilakukan langkah-langkah lanjutan jika memang diperlukan," kata Dandenma Kopassus Letkol Inf Made Suartawan, dikutip dari laman resmi Kopassus, Senin (30/3/2020).

Dia menuturkan, untuk mendukung keberadaan Satgas, disiapkan juga barak-barak penampungan jika ditemukan indikasi warga atau keluarga yang dicurigai terinfeksi virus sebelum mendapatkan penanganan lebih lanjut di rumah sakit.

Demi mendukung upaya pemerintah mengatasi penyakit ini, Kopassus juga telah menerapkan protokol kesehatan. Bersama instansi terkait di sekitar kesatuan seperti Polsek dan Koramil Pasar Rebo, Jakarta dan dinas pemadam kebakaran, Kopassus melaksanakan penyemprotan disinfektan Kesatrian Ahmad Yani, Cijantung.

Tidak hanya itu, kesatuan elite TNI ini juga memindai suhu tubuh bagi orang yang hendak masuk ke kesatrian serta kompleks perumahan prajurit.

"Kegiatan ini akan dilakukan rutin sampai dinyatakan kondisi membaik,"ujar Made.

Sebelumnya Danjen Kopassus dalam amanat kepada prajurit menyerukan agar seluruh personel membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat demi mencegah corona. Perilaku ini diwujudkan dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir.

Selain itu, hindari mengusap wajah karena mulut, hidung dan mata dapat menjadi pintu masuk virus. Seluruh personel juga harus menerapkan physical distancing.

"Jaga jarak, batasi bepergian, hindari keramaian, dan kontak dengan orang yang terinfeksi saluran pernapasan. Gunakan masker, tutup mulut saat batuk dan bersin," kata Cantiasa.

Dia melanjutkan, salam dilakukan tanpa kontak fisik. Prajurit juga diminta tetap menjaga fisik. "Jangan terlalu lelah, istirahat yang cukup agar tetap bugar dan daya tahan tubuh terpelihara,"ucap lulusan terbaik Akmil 1990 ini.

Untuk diketahui, penyebaran virus corona di Indonesia semakin luas. Data Gugus Tugas Covid-19 pada Senin (30/3/2020) pukul 12.00 WIB, pasien terkonfirmasi positif bertambah 129 orang menjadi 1.414.

Terjadi pula penambahan pasien meninggal dunia sebanyak 8 orang sehingga total 122 orang. Adapun pasien sembuh bertambah 11 orang menjadi 75.(*)

Editor
: Ruslan Efendi
Sumber
: https://www.inews.id/news/megapolitan/kopassus-turun-tangan-cegah-penyebaran-corona
Tag: