Jelang Natal dan Pengalihan Jalan Satu Arah Putri Kacang Mayang Tujuan Siak Masih Sepi

Hermansyah
834 view
Jelang Natal dan Pengalihan Jalan Satu Arah Putri Kacang Mayang Tujuan Siak Masih Sepi
Petugas gabungan Satlantas Polres Siak bersama Dishub Kabupaten Siak di Pos Pantau Operasi Lilin 2019 di Gasib depan gerbang masuk Makam Putri Kacang Mayang.

SIAK, datariau.com - Memasuki perayaan Natal dan menjelang padatnya pengunjung pengamatan fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC) bertempat di Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau pada Kamis, 26 Desember 2019 nanti.

Arus lalu lintas disepanjang Jalan Lintas Gasib-Siak (Putri Kacang Mayang) maupun sebaliknya dari arah Siak menuju Perawang tepatnya di jalan buka tutup pada perbaikan jembatan Gasib, Selasa (24/12/2019) siang tadi, masih terlihat sepi dan lancar.

Pantauan datariau.com Selasa siang, pos penjagaan petugas atau tepatnya didepan Pos Pantau Operasi Lilin 2019 jalan satu arah Putri Kacang Mayang menuju Siak maupun sebaliknya tidak begitu terlihat kendaraan roda empat seperti angkutan umum maupun barang lainnya, tidak begitu mendominasi masih terlihat sepi dan relatif normal lancar.

"Cuma ini Jalan Putri Kacang Mayang sebagai jalur alternatif saja, dan seandainya kalau terjadinya kemacetan, baru kita arahkan melalui Putri Kacang Mayang menuju Siak. Disini jika kendaraan melewati jalan ini takutnya rusak dan jaringan juga tidak ada didalam sana," jelas Kasat Lantas Polres Siak AKP Birgitta Atvina melalui petugas BKO Pos Pantau Operasi Lilin 2019 Brigadir Ahmad, Selasa (24/12/2019) siang.

Selama kegiatan buka tutup maupun pengalihan kendaraan jalan satu arah ini, kata Brigadir Ahmad menyebutkan, petugas gabungan Satlantas Polres Siak bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Siak selama kegiatan ini berjalan tidak mengalami kendala dalam mengatur arus lalu lintas kendaraan menuju jalan satu arah Putri Kacang Mayang saat ini.

"Biasanya menjelang sore hari baru terjadinya kemacetan panjang satu hingga tiga kilometer. Jalan satu arah ini kalau kondisi hujan memang sedikit becek," imbuhnya.

Sementara itu dari pantauan wartawan ini di lokasi jalan buka tutup perbaikan jembatan Gasib, terlihat beberapa kendaraan melintas menuju jalan buka tutup tersebut. Dinas Perhubungan Kabupaten Siak melalui Kasi Andalalin dan Perparkiran Dishub Kabupaten Siak Zulkifli B menyebutkan, jalan satu arah ini nanti digunakan bila nanti terjadinya kemacetan.

"Khusus jalur ini, maka kita akan arahkan kesini bila terjadinya kemacetan, jalan satu arah ini diberlakukan bersempenaan dengan acara pengamatan fenomena GMC nanti dan agar tidak terjadi antrian panjang kendaraan pengunjung menuju Siak maupun menuju ketempat pengamatan GMC di Sungai Apit," pungkas Kasi Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin) dan Peparkiran Dinas Perhubungan Kabupaten Siak tersebut.

Penulis
: Hermansyah
Editor
: Redaksi